ALEX-TANUDJIWABanyak cara untuk meningkatkan amalan di bulan suci Ramadan. Lain orang lain cara. Bagi Alex Tanudjiwa, 85 tahun, bekerja dan berdzikir merupakan pilihan kegiatan yang tepat.

OLEH: GUNTUR EKO WICAKSONO
[email protected]

VETERAN pejuang 45 yang juga salah satu orang kaya di Kota Bogor ini, sudah mewakaf­kan hidupnya untuk memberi manfaat bagi orang banyak.

Apa kegiatan utama Pak Alex dalam mengisi bulan suci Ramadan ini?

Jawab : Bekerja dan memperbanyak dzikir. Usia saya sekarang sudah 85 tahun. Sudah berumur. Saya mulai bekerja pagi hari jam 8.00, sore jam 17 pulang. Sampai rumah buka puasa.

Baca Juga :  Susuri Perkampungan, Atang Ajak Warga Jaga Kebersihan dan Lingkungan

Apa yang membuat Anda tetap semangat bekerja?

Jawab : Sejak muda saya memang sudah gila kerja. Jadi, setiap hari harus tetap bekerja. Saya ingin memberikan manfaat sebesar-be­sarnya bagi orang banyak. Karena itu, saya me­milih jadi pengusaha ketimbang jadi penguasa.

Apa yang membuat Anda tidak tertarik men­jadi penguasa?

Jawab : Dulu, waktu saya masih muda aktif di Golkar. Lalu jadi anggota DPRD Kota Bogor dua periode. Ya Golkar eranya Pak Dharmono (Wapres Sudharmono, red).

Pada era 80-an banyak pihak mendorong saya untuk jadi Walikota Bogor. Saya bilang tidak, karena saya masih waras, ha ha ha…..!

Baca Juga :  Disdukcapil Kota Bogor Kini Miliki Layanan Dhrive Thru

Maksud Anda tidak mau?

Jawab: Saya merasa sudah lebih dari cukup. Punya uang banyak. Bisa membantu orang banyak dengan perusahaan yang saya miliki. Kalau saya jadi penguasa, kan kesannya saya ini gila kekuasaan. Mungkin saya bisa jadi rakus juga.

Apa ada penguasa di Kota Bogor yang rakus?

Jawab : Dia lantas menyebut sejumlah nama pejabat Kota Bogor yang pernah beruru­san dengan dia dalam soal perizinan hotel dan lain-lain). Sudah lah ini bulan puasa, kita ngob­rol ibadah saja….!

 BIODATA