Untitled-7Penerbit Bukune dan XL XPLOR menyelengga­rakan peluncuran buku secara online yang per­tama di Indonesia dengan meng­gunakan jaringan internet super cepat 4G LTE. Peluncuran buku ini dilakukan melalui konferensi video menggunakan jaringan 4G LTE dari PT XL Axiata Tbk (XL) dan memanfaatkan aplikasi Google Hangout dan disiarkan secara online di Youtube Gaga­sMedia Group. Buku yang akan diluncurkan berjudul Doriyaki karya Andori Andriani. Pelun­curan buku ini akan diseleng­garakan di XPLOR Senayan City, Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Dalam peluncuran buku ini, Dori melakukan konferensi vid­eo dari tempat bermukimnya saat ini, Tokyo, Jepang dengan teman-teman dan para pengge­marnya yang berada di XL XPLOR Senayan City, Jakarta. Dengan menggunakan jaringan 4G LTE dari XL, acara pelun­curan buku ini menjadi satu fenomena tersendiri. Andori, yang berada ribuan kilometer di luar negeri bisa melakukan in­teraksi dengan audiennya yang ada di Jakarta secara live.

Layanan 4G LTE dari XL mampu memberikan kecepatan akses internet hingga 100 Mbps. Dengan kecepatan setinggi itu maka interaksi melalui video bisa dilakukan hampir tanpa de­lay dan terlihat mirip tatap muka langsung. Pada interaksi yang berlangsung di acara tersebut, bahkan suara dan gerakan An­dori tak sedikitpun terlihat pa­tah-patah. Suara penulis dalam menjawab setiap pertanyaan penggemarnya juga jernih dan jelas.

Selain itu, karena interaksi antara Jepang – Jakarta dilaku­kan menggunakan jaringan 4G LTE yang memungkinkannya mendapatkan kualitas video yang sangat bagus, dari sisi gam­bar dan suara, maka bisa juga dinikmati secara live oleh publik luas melalui Youtube. Acara ini sekaligus menunjukkan manfaat dan keunggulam dari layanan XL 4G LTE bagi berbagai keperluan yang bisa mengatasi hambatan ruang dan waktu, yang sebelum­nya tak bisa dilakukan dengan kualitas koneksi baik.

Doriyaki adalah buku per­tama Andori Andriani, yang biasa dipanggil Dori, seorang digital influencer dari In­donesia yang berdomisili di Jepang. Dori menyebarkan semangat untuk meraih cita-cita kepada remaja di Indo­nesia melalui akun Ask.Fm, blog, dan instagram. Karak­ter Dori yang riang dan hu­moris membuat Ikan Dori, sebutan bagi fans Dori, men­empatkan dirinya sebagai kakak yang menyenangkan untuk bertanya dan melaku­kan hal-hal jenaka.

Dalam buku Doriyaki, pengalaman hidup Dori dan kehidupannya di Jepang ditu­lis dengan gaya yang manis, riang, dan menyentuh. Den­gan kondisi keluarga yang tidak utuh dan kerap direme­hkan, Dori tidak pernah me­nyerah untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Buku sete­bal 144 halaman ini dihiasi dengan ilustrasi kocak dan berwarna sehingga membuat buku ini tidak membosankan untuk dikonsumsi para re­maja.

Andori Andriani biasa di­panggil Dori adalah cewek pecinta nasi Padang yang sekarang sedang tinggal di Jepang untuk mengejar im­pian sejak kecilnya. Setelah lulus dari Tokyo Designer Gakuin College, dia bekerja sebagai Graphic Designer di salah satu perusahaan di Tokyo sambil kulineran menikmati cemilan imut setiap harinya. Karena suka share tentang kehidupan­nya di Jepang juga kisah LDR Jakarta-Tokyo di media sosial seperti AskFM, Instagram, dan blog, Dori akhirnya dike­nal banyak orang dan men­jadi salah satu digital influ­encer muda di Indonesia.

(Apriyadi Hidayat)