IMG_6995JAKARTA, Today – Piala Presiden yang rencananya akan diikuti 16 tim Indone­sia Super League (ISL) resmi dijadikan sebagai turnamen pramusim kasta ter­tinggi sepakbola Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan lang­sung Wakil Ketua Umum PSSI, Erwin Dwi Budiawan, yang mengatakan turna­men itu bakal dijadikan ajang kesiapan tiim jelang tampil di ISL 2015-2016.

Turnamen yang awalnya bernama Piala Indonesia Satu itu akan digelar pada 30 Agustus 2015. Namun, dari 16 tim ISL yang diharapkan kesediaan­nya untuk tampil, baru ada 12 klub ISL yang bersedia meramaikan turnamen yang total hadiahnya mencapai Rp7 miliar!

Dengan asumsi ISL 2015-2016 bakal digulirkan pada minggu ketiga Oktober sesuai hasil rapat Komite Eksekutif PSSI, turnamen ini dipre­diksi akan merampungkan partai final pada minggu pertama atau kedua Oktober.

“Piala Presiden resmi jadi turnamen pramusim dan akan selesai pada Okto­ber 2015,” jelas Erwin kepada pewarta, Senin (3/8/2015).

Nantinya, turnamen akan diba­gi dalam empat grup dan di setiap grupnya akan dihuni empat tim. Selan­jutnya, ajang ini berformat home tour­nament atau di setiap grupnya memiliki tuan rumah. Empat tim tuan rumah itu ialah: Persib Bandung, Bali United Pusam, Arema Cronus Indonesia dan PSM Makassar.

Jika dalam beberapa hari ke de­pan tak kunjung ditemukan empat tim ISL tambahan, Mahaka Sports and Entertainment selaku promotor turnamen akan mengundang tim-tim Divisi Utama.

Sejauh ini dua tim Divisi Utama, Mar­tapura FC dan PSGC Ciamis mengutara­kan kesiapannya tampil di ajang terse­but.

(Imam/net)