Untitled-6Spekulasi mengenai kemunculan wajah baru MPV terlaris di Indonesia, yakni Toyota Avanza, terjawab sudah. Selain lewat foto-foto yang tersebar di dunia maya, Grand New Avanza pun seolah tak malu-malu lagi menunjukan batang hidungnya. Sosok mobil yang kini tampil lebih dinamis ini pun sudah mendarat di Bogor. Seperti apa?

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Ya, dari pantauan BOGOR TODAY, Grand New Avan­za dan Grand New Veloz tampak sedang ‘nong­krong’ di dealer resmi Toyota Auto2000 Yasmin, Jalan Soleh Iskandar No. 9, Kota Bogor. Meski be­lum ditampilkan pada display show­room, namun animo para calon kon­sumen terlihat sangat tinggi pada MPV fenomenal ini.

Saat dikonfirmasi, Branch Head Auto2000 Yasmin, Donny Ekaputra, mengaku bahwa Grand New Avanza dan Grand New Veloz akan secara res­mi diluncurkan dalam waktu dekat, tepatnya 12 Agustus 2015 mendatang di Jakarta.

“Sudah banyak calon konsumen yang datang untuk tanya-tanya, ada yang penasaran dengan penampilan barunya. Pertanyaan yang sering dilontarkan adalah soal harga. Kalau harga, kami pun belum mendapatkan rilis resminya dari head office,” ungkap Don­ny kepada BOGOR TODAY di ru­ang kerjanya, Selasa (4/8/2015).

Meski demikian, Donny sedikit membocorkan harga mobil pesaing Ertiga dan Mobilio itu, yak­ni berbeda sekitar Rp7 jutaan hingga Rp12,5 jutaan dari varian sebelumnya. Sekedar informasi, harga Avanza dan Veloz saat ini berkisar antara Rp185,9 juta hingga Rp198,4 juta. “Pemesanan sudah kami buka karena banyak kon­sumen yang tertarik, tapi kami belum bisa menjamin harga resminya. Kalau tidak ada perubahan harganya ber­beda antara Rp7 juta hingga Rp12,5 juta,” katanya.

Dengan perbedaan harga terse­but, lantas apa yang berubah? Donny menjelas­kan, pe­rubahan paling men­colok terjadi pada eksterior, khususnya bagian gril yang terlihat lebih dinamis dan stylish. Body belakang dan bemper hampir masih seperti Avanza yang dulu tetapi Grand New Avanza memi­liki tambahan krom yang berhimpitan dengan reflector di sebelah kanan dan kiri lampu yang didesain serba baru.

Pilihan warnanya pun kian berag­am, seperti Blue, Silver, Black Metalic, Dark Red, Dark Brown, Grey Metalic, Mica Metalic, Champagne Metalic, dan White. “Justru yang menjadi sp­esial bukan hanya pada bagain tampi­lan saja, melainkan performa mesinn­ya juga. Sudah dual VVTI dan mampu menghasilkan tenaga lebih tinggi 16 Horse Power dari versi sebelumnya. Makanya, untuk bisa merasakan du­rabilitas mobil ini harus test drive,” jelasnya.

Donny pun optimistis dengan hadirnya tipe terbaru dari Avanza ini mampu mendongkrak penjualan pada Semseter II/2015. “Seperti yang sektor lain rasakan, kami juga terim­bas dari kondisi makro ekonomi na­sional yang tak menentu pada Semes­ter I. Kami berharap Agustus ini dan ke depannya otomotif bisa bergairah lagi apalagi kami pun akan banyak meluncurkan produk baru, salah sa­tunya Avanza ini,” tandasnya.

Strategi lain untuk menggairahkan pasar, Auto2000 sendiri akan melaku­kan manuver dengan memberikan banyak program untuk memudah­kan masyarakat dalam memiliki ken­daraan. “Sebetulnya masyarakat itu banyak yang ingin memiliki mobil, tapi dana mereka terbatas. Untuk itu kami buatkan program menarik sep­erti DP murah, angsuran ringan dan tenor lebih panjang. Bahkan, kami juga memiliki program tukar tambah atau trade-in. Pameran di pusat perb­elanjaan pun masih kami rutin laku­kan,” pungkasnya. (*)