IMG_2705Persatuan Sepakbola Indonesia Kabu­paten Bogor (Persikabo) menyatakan diri untuk tidak turut menjadi kontes­tan dalam kompetisi yang digelar oleh Tim Transisi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Direktur Operasional Persikabo, Mah­pudyono menyatakan loyalitas pada Per­satuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). “Persikabo hingga saat ini masih terdaf­tar sebagai PSSI, sehingga kami juga tun­duk dengan ketentuan PSSI. Jadi sikap kita sudah jelas terhadap kompetisi dan kisruh persepakbolaan Tanah Air,” katanya belum lama ini.

Di sisi lain, tim berjuluk Laskar Pajaja­ran tersebut juga tengah harap-harap cemas menunggu kelanjutan nasib klub beserta para pemainnya ke depan. Baik dari kom­petisi nasional maupun dari pihak manaje­men. “Kita tunggu saja kabar baiknya,” lan­jutnya.

Baca Juga :  Gubernur Jabar Sampaikan Duka Mendalam Tragedi Kanjuruhan

Di skala nasional, Turnemen Piala Indone­sia Satu hanya diikuti olah dua klub dari kasta Divisi Utama. Mereka adalah Martapura FC dan PSGC Ciamis.

Diikuti 16 klub, Piala Indonesia Satu kini resmi berganti nama menjadi Piala Presiden. Pihak promotor, Hasani Abdul Gani men­gatakan jika kini tidak lagi kebingungan men­cari klub peserta.

Sebab jumlah peserta sudah mencapai target, yakni 16 klub. Hal tersebut, diterang­kannya, menyusul bergabungnya Persiba Balikpapan.

“Dari ISL, ada sebanyak 14 klub dan Divisi Utama 2 klub. Dua klub ISL yang bergabung belakangan yakni Semen Padang dan Persiba. Posisi Persiba masuk menggantikan Persiram Raja Ampat. Sedangkan yang dari Divisi Uta­ma, yakni Martapura FC dan PSGC Ciamis,” ujar Hasani.

Baca Juga :  Percasi Kabupaten Bogor Targetkan 7 Emas Pada Porprov XIV Jabar 2022

Nantinya, Piala Presiden pun dijadikan sebagai turnamen pra-musim dari kompetisi yang akan kembali digulirkan PT Liga Indone­sia. Piala Presiden akan digelar mulai 30 Agus­tus mendatang.

Kemudian, turnamen akan dibagi dalam empat grup dan di setiap grupnya akan di­huni empat tim. Selanjutnya, berjalan dengan menggunakan format home tournament atau di setiap grupnya memiliki tuan rumah. Em­pat tim tuan rumah yakni Persib Bandung, Bali United Pusam, Arema Cronous dan PSM Makassar

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]