BTM-(7)BOGOR TODAY – Belum beres persoalan Instalasi Penge­lolaan Air Limbah (IPAL), kini Bogor Trade Mal (BTM) berurusan dengan bau busuk dari sampah yang menumpuk di pintu masuk parkiran. Per­soalan inipun mulai diganyang oleh Pemkot Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Rubaeah, mengatakan, bahwa tumpu­kan sampah di pintu masuk parkiran BTM dapat mengaki­batkan penyakit-penyakit pencernaan dan pernafasan. “Bahaya itu bisa mengakibat­kan penyakit terutama diare dan gangguan pernafasan,” ujarnya.

Selain itu, Rubaeah juga menambahkan sebaiknya pi­hak manajemen BTM mem­bereskan segala yang menjadi persoalan dan mengakibatkan timbulnya penyakit untuk ma­syarakat luas. “Cobalah itu segera selesaikan masalah-ma­salah yang ada terutama yang bisa mengakibatkan penyakit yang akan diderita oleh ma­syarakat,” bebernya.

Baca Juga :  Perkumpulan Gagas Nusantara Gelar Diskusi Polemik Kenaikan BBM

Terpisah, Ketua Komisi D DPRD, Ujang Sugandi, memer­intahkan BTM untuk mem­bereskan sampah yang menjadi sumber perkara dan sumber penyakit itu. “Manajemen BTM seharusnya lebih aktif dalam menanggapi keluhan masyara­kat karena itu mengganggu ma­syarakat terutama dilihat dari segi kesehatan,” ujarnya.

Ujang juga menambahkan sebaiknya pihak manajemen mengkordinasikan masalah ini dengan pihak kebersihan dan pertamanan untuk pengang­kutan sampah yang menjadi sumber persoalan. “Coba kalo memang sampah yang jadi perkaranya kordinasikan den­gan pihak Dinas yang terkait,” tuturnya.

Pihaknya juga masih menunggu hasil lab untuk kelanjutan sikap apa yang akan dilakukan oleh Komisi D terkait hal ini. “Kita juga tunggu laporan dari BPLH dan akan kami sidak jika tidak ada perubahan,” kata dia.

Baca Juga :  Truk Bermuatan Galon Tabrak Kendaraan di Jagorawi, Polisi : Tidak Ada Korban Jiwa

Pihak Komisi D DPRD sudah berkordinasi dengan Komisi C DPRD Kota Bogor perihal masalah yang me­nyangkut mal BTM. “Kami sudah ngoborol juga dengan komisi C tentang hal ini me­mang IPAL dan sampahnya bermasalah,” pungkasnya.

Dikonfirmasi, Manager Marketing dan Komunikasi Mal BTM, Sharon Vebrilla, ber­pura-pura tak tahu soal kasus ini. Ia mengatakan, pihaknya sudah memperbaiki saluran Pengelolaan Air Limbah (IPAL). “kalau soal kerusakan dan perbaikan sudah selesai,” begitu, kilahnya.

Disinggung soal bau busuk yang masih tercium disekitar mal BTM, Sharon mengatakan, sudah selesai semuanya mas dan tidak ada bau yang tercium lagi. “Sudah engga ada bau kok mas, dan kan juga lagi progress pengerjaan juga,” begitu kata dia.

(Guntur Eko Wicaksono)