penertibanBOGOR TODAY – Ratusan Peda­gang Kaki Lima (PKL) kembali menduduki Jalan Dewi Sartika dan Nyi Raja Permas, Kota Bo­gor. Padahal, pekan kemarin sudah dipreteli Satpol PP Kota Bogor.

Kabid Dalops Satpol PP Kota Bogor, Agustiansyah, men­gatakan dalam penertiban yang digelar Jumat (07/08/15), pi­haknya menertibkan sedikitnya 100 PKL yang membandel dan tetap berjualan meski sudah berkali-kali ditertibkan. “Mer­eka rata-rata penjual dagangan basah, seperti sayuran dan seb­againya,” kata Agus.

Baca Juga :  Istana Bogor Jadi Saksi Pernyataan Sikap Cipayung Plus Bogor Raya Tolak Kenaikan BBM 

Menurutnya, solusi untuk menertibkan PKL ada tiga tin­dakan yang harus dilakukan oleh pihaknya, di antaranya, re­lokasi, rekondisi dan referensif. “Artinya PKL ditertibkan untuk mengembalikan fungsi trotoar supaya bersih dari PKL, dan rekondisi menjadi kewenangan Pemkot untuk menyediakan la­han untuk PKL kembali berda­gang,” jelasnya.

Baca Juga :  Designer FridAulia Indonesia Turut Unjuk Karya di Pameran Foto Jurnalistik "Transisi"

Ditambahkan Agus, dalam melakukaan penertiban, pi­haknya harus melakukan tinda­kan persuasif yakni melalui cara yang elegan sambil bersosialisa­si kepada para PKL. “Kita harus melakukan cara yang elegan dan juga sekalian sosialisasikan juga ke para PKL,” tutupnya.

(Guntur Eko Wicaksono)