Untitled-21BOGOR TODAY – Inspeksi yang dilakukan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Bi­rokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi, ke Kebun Raya Bogor (KRB) berbuah hasil. Pihak KRB lang­sung melakukan pembenahan.

Kepala Bagian Tata Usaha KRB, Ace Subarna, mengatakan, akan mengerahkan seluruh Sumber Daya Manusia (SDM), untuk memenuhi semua ke­luhan yang disampaikan Menteri Yuddy. Ia juga menjelaskan, dengan adanya Sidak pak menteri akan membuat pengelola lebih sigap dalam menata ulang KRB.

Baca Juga :  Truk Bermuatan Galon Tabrak Kendaraan di Jagorawi, Polisi : Tidak Ada Korban Jiwa

“Kami akan berusaha memenuhi target sebe­lum akhir tahun KRB akan punya wajah baru. Na­mun KRB sendiri kan masih kekurangan SDM. Jadi, tidak bisa semua titik bisa ditangani dengan baik,” ujarnya.

Menurut Ace, ada bagusnya KRB disidak kare­na jika tidak ada perhatian dari pemerintah maka pengelola sendiri akan kurang peka terhadap keny­amanan, keindahan dan keamanan KRB itu sendiri.

“Biasanya kan kalau mau ada kunjungan dari pejabat-pejabat penting maka baru akan dibersih­kan,” akunya.

Baca Juga :  Tirta Pakuan Kenalkan Pengolahan Air Baku Jadi Air Bersih Kepada Mahasiswa IPB

Ace menjelaskan, saat musim kemarau seperti ini dibiarkan daun-daun di area KRB tetap dan tidak dibersihkan. Karena daun yang dibiarkan bersera­kan berguna bagi penyerapan air di tanah yang di­tanami tanaman.

“Ini kan musim kemarau, hujan jarang jadi ada gunanya kita biarkan daun-daun berserakan di tanah. Dengan alasan karena tanah yang ditutupi daun akan tahan lebih lama penyerapan airnya, jadi tanah tidak mudah kering,” tutupnya.

(Rizky Dewantara)