FC+Internazionale+Milano+v+UC+Sampdoria+Serie+3-okG8xxDH5xJAKARTA, Today – Presiden Joko Wido­do memanggil pengusaha Erick Thohir ke Istana Negara, Jakarta, Jumat (7/8).

Dalam pertemuan itu Jokowi-sapaan Joko Widodo- memberi mandat ke pe­milik Grup Mahaka itu untuk menjadi penyelenggara turnamen Piala Pres­iden.

“Saat ini presiden sendiri meng­inginkan sesuatu yang terus bergulir di masyarakat, terutama ini kan hiburan di masyarakat yang sangat di tunggu-tunggu. Kami di sini tentu sebagai yang menjalankan,” ujar Erick usai bertemu Jokowi.

Pemilik Inter Milan itu mengatakan, rencananya Piala Presiden akan digelar di empat kota, yakni Malang, Bali, Band­ung dan Makassar.

Jika persiapannya sudah matang, maka kick off Piala Prisiden bisa dilaku­kan pada 30 Agustus 2015 di Bali.

Menurut Erick, ada 16 klub yang am­bil bagian di turnamen Piala Presiden. Klub-klub itu akan dibagi dalam empat grup. Total ada 38 pertandingan dalam turnamen tersebut.

“Sistem pertandingan seperti biasa. Tentu juga setelah kualifikasi ke babak delapan. Ini sesuatu yang diharapkan dan alhamdulillah tentu dengan dukun­gan Pak Presiden turnamen piala ini akan bergulir,” imbuh Erick.

Sementara itu, Mahaka Sports and Entertainment selaku promotor turna­men Piala Presiden telah mendapatkan restu dari Presiden RI, Joko Widodo ( Jokowi).

Hal itu diungkapkan bos Mahaka Group, Erick Thohir, usai diterima Pres­iden Jokowi di kompleks Istana Negara, Jumat (7/8).

Lebih lanjut, Erick mengungkapkan pihaknya terus berupaya mengumpul­kan dana penyelenggaraan untuk turna­men itu. Pasalnya, turnamen yang itu diperkirakan bakal menelan biaya yang cukup besar.

“Insha Allah anggarannya Rp30-40 miliar,” kata Erick, kepada wartawan.

Dia menambahkan, dana itu cuk­up untuk menggelar 38 pertandingan selama turnamen tersebut. Pemilik klub FC Internazionale itu juga men­egaskan enggan meminta dana dari pemerintah maupun BUMN. Semua dana penyelenggaraan dari sponsor.

“Nanti setiap klub yang ikut ada dana operasional supaya jalan. Kalau enggak, kasihan juga klub pada saat ini ada yang sudah berhenti, ada yang mau jalan. Kami coba dukunglah, niatnya (kompe­tisi, red) kembali berjalan,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tur­namen itu akan mulai digelar di Bali, 30 Agustus 2015. Rencananya, Presiden Jokowi akan mem­buka langsung turna­men ini di Bali.

Ada 16 klub yang akan ikut serta. Rinci­annya, 13 klub dari Indonesia Super League (ISL) dan tiga klub dari Divisi Utama. Juara tur­namen ini akan mendapatkan hadiah Rp3 m i l i a r .

(Imam/ net)