Untitled-13Bogor, Today – Kwetiaw tidak hanya teksturnya yang dikenal kenyal dan lembut. Isinya pun sangat royal berupa irisan daging sapi, bakso, arik telur dan lain sebagainya. Tauge dan sawi membuat tampilan kwetiaw ini tam­bah meriah dan menggugah selera. BO­GOR TODAY memberikan rekomendasi kwetiaw yang lezat. Ya, Kwetiaw Sapi Pontianak 36. Seperti apa?

Kwetiaw memang banyak di Bogor. Tapi bagaimana jika kekayaan kuliner khas Pontianak ini diracik senikmat citarasa daerah asalnya. Mau coba? Ya, tak perlu jauh ke Kalimantan un­tuk menikmati masakan gurih yang khas ini. Di Bogor, terdapat kedai Kwe­tiaw Sapi Pontianak 36. Untuk dapat menikmati menu di sini, para pengun­jung bisa mendatangi di beberapa out­let, yakni di Pandawa Raya Indrapras­ta, Bondongan dan Cibubur.

Buat penggila kwetiaw, sepertinya wajb mampir ke rumah makan spesia­lis kwetiaw ini. Diracik ‘hot from wajan’ oleh sang chef yang telah berpengala­man selama 20 tahun, ragam menu kwetiaw pun tersaji. Mau goreng, kuah, bun, yam, atau siram. Semuanya ada.

Baca Juga :  Kadin dan Pemkot Bogor Bahas Anggaran Pokir DPRD Harus Transparan

Open kitchen yang berada di luar menjadi ciri khas rumah makan khas Pontianak ini. Aroma wangi bumbu khaspun langsung menusuk indera penciuman ketika Trans Bogor men­gunjungi rumah makan hasil kolabo­rasi dua pengusaha IT, Muzakkir dan Kusmardi Gunawan (Ko Ameng) ini.

Dari sekian menu yang ditawarkan, Bogor Today tertarik dengan dua menu yang masih asing di telinga, yakni Kwe­tiaw Bun dan Kwetiaw Yam. Mau isi daging sapi atau seafood tinggal pilih.

Kwetiaw Bun adalah kwetiau yang digoreng dengan sedikit kuah kaldu yang ajib dan gurih. Sementara kwe­taiaw Yam, kwetiau diberi kuah yang rasanya asam. “Karena selera lidah masyarakat Bogor itu berbeda-beda, makanya kami berikan banyak pilihan menu kwetiaw,” kata Muzakkir.

Baca Juga :  Resep Membuat Ayam Goreng Serundeng Khas Cirebon

Disajikan di atas piring berukuran sedang, potongan daging sapi, tauge, sayuran dan serabut telur menghiasi kwetiaw Bun yang dipesan. Aroma wangi telur dan bawang langsung me­nyergap hidung.

Rasa kwetiawnya gurih tanpa je­jak manis sama sekali. Dominan rasa kecap asin dan warnanya pucat tidak kecokelatan. Saat dikunyah terasa tek­stur kwetiaw yang lembut gurih dan lembut. Telur kocok yang diaduk dan dimatangkan cepat meninggalkan serabut-serabut halus yang menyeli­muti kwetiaw. Jika, ingin pedas dan ingin rasa lebih asin, pengunjung bisa menmabhkan sambal dan kecap asin yang tersedia di atas meja makan.

Tidak melulu menyajikan kwetiaw, ditempat itu juga menyediakan 29 menu makanan, seperti aneka nasi goreng, bihun, bakmi, sop bakso, sapo kuah, cah caisim dan 20 menu minu­man. “harga yang kami tawarkan mulai dari Rp20 ribuan untuk makanan dan minuman berfariasi,” jelasnya.