BTM-(7)BOGOR TODAY – Janji Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH), Lilis Sukartini, un­tuk mengumumkan hasil uji labo­ratorium Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) milik Bogor Trade Mal (BTM) diingkari.

Ketua Komisi C DPRD Kota Bo­gor, Yus Ruswandi pihaknya men­gatakan hasil lab yang diujikan mundur satu minggu dari perhi­tungan waktu sebelumnya. “Kami sudah panggil BPLH, namun hasil labnya masih belum keluar. Hasil­nya baru akan keluar 1 minggu lagi menurut keterangan BPLH,” ujarnya.

Yus juga mengatakan empat poin yang harus dilaksanakan oleh manajemen BTM seharusnya sudah bisa dilaksanakan sebelum hasil lab itu keluar. “Kan itu sudah lama waktunya seharusnya empat poin yang diperintahkan BPLH harus su­dah terlaksanakan ketika hasil lab nantinya keluar,” tuturnya.

Baca Juga :  Selama 14 Hari Mie Gacoan Cilendek Disegel Pol PP Akibat Belum Kantongi Izin

Terpisah, Ketua Komisi D DPRD Kota Bogor, Ujang Sugandi Men­gatakan pihaknya masih menunggu hasil lab yang diujikan. “Kami ma­sih menunggu hasil lab dan belum ada kan sampai saat ini,” bebernya.

Selain itu Ujang juga meminta pihak BTM untuk membereskan sampah terkait dengan kesehatan pengunjung yang datang. “Seharus­nya pihak manajemen lebih intens berhubungan dengan Dinas terkait untuk pemberesannya,” ujarnya.

Baca Juga :  DPD PKS Kota Bogor Kirim Relawan PKS ke Lokasi Gempa Cianjur

Soal ini, lagi-lagi Kepala BPLH, Lilis Sukartini, berkilah. Ia men­gatakan akan memberitahu awak media jika hasil lab sudah keluar. “Nanti akan saya kasih tau kalau su­dah keluar yah,” ungkapnya.

Soal perkara IPAL ini, Manager Marketing dan Komunikasi Mal BTM, Sharon Vebrilla, mengaku, pi­haknya sudah memperbaiki saluran Pengelolaan Air Limbah (IPAL). “Kalau soal kerusakan dan per­baikan sudah selesai tapi kemarin Dinas Lingkungan Hidup meminta penambahan yang harus dilakukan sesuai saran BLH sebelumnya,” kata dia.

(Guntur Eko Wicaksono)