alfian mujani 240MERDEKA, inde­pendent (Bahasa Inggris) istiqlal (Bahasa Arab). Independent beras­al dari in (tidak) dan dependent ( t e rgant ung ) . Istiqlal artinya mandiri. Kemerdekaan berarti menghapus ketergantungan se­buah bangsa dari bangsa yang lain. Setiap negara pasti memi­liki hubungan dengan negara lain. Namun hubungan itu tak merusak kedaulatan dan kebebasan memilih dari suatu bangsa.

Faktor apa saja yang membuat se­buah negara memiliki kemandirian dan kemerdekaan yang hakiki? Mungkinkah kemerdekaan itu digapai dan dipertahan­kan oleh para pemimpin yang jiwanya tidak merdeka dan karakter yang tidak mandiri? Siapakah orang-orang yang masuk katagori orang-orang mandiri dan merdeka itu?

Hanya orang merdeka yang bisa meraih dan mempertahankan kemerdekaan. Mere­ka yang bermental budak sudah jelas akan terus mengekor pada tuannya, patuh pada majikannya. Itu sebabnya, pimpinan teras sebuah negara merdeka haruslah orang-orang merdeka yang memiliki keberanian berdiri di atas kaki sendiri.