Untitled-15BOGOR TODAY – Rencana rekayasa lalu lintas di seputaran Kebun Raya Bogor (KRB) yang diatur searah, mu­lai dimatangkan. Lalu lintas dari arah Jalan Pajajaran menuju ke Jalan Otista dan memutar ke Jalan Juanda mulai di­panaskan.

Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hiday­at mengatakan, Pemkot Bogor beserta pihak terkait yakin dengan menerap­kan sistem satu arah, kondisi lalu lintas kendaraan akan lebih tertata, meskip­un dilihat dari jarak akan semakin jauh. “Kita sudah melakukan rapat dengan sejumlah instansi dalam mematangkan rencana pemberlakukan system satu arah diseputara KRB. Peninjauan ke lapangan juga sudah dilakukan, tinggal membahas kajian-kajian lainnya sebe­lum diputuskan pemberlakukannya,” bebernya.

Baca Juga :  Cegah Kutub Ekstrem Saat Pemilu 2024, Tiga Parpol Ini Berkoalisi 

Namun demikian, Ade juga memas­tikan frekuensi kendaraan akan semak­in teratur apabila dilakukan rekayasa lalu lintas di putaran KRB, walaupun jarak tempuh sedikit lebih jauh. Selain itu, para pejalan kaki juga akan merasa semakin nyaman karena nantinya sep­utaran KRB akan dibangun pedestrian yang sangat lebar. “Kita akan meny­iapkan pedestrian yang lebih luas di seputara KRB, dan saat ini untuk pem­bangunan pedestrian sudah dimulai di kawasan Tugu Kujang hingga dekat ru­mah dinas Walikota,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan, Perumda PPJ Kota Bogor Berencana Buka Pasar di Tanah Baru 

Ade menjelaskan, perubahan ini di­lakukan dengan tujuan lalin lebih lan­car.

Terpisah, Kasatlantas Polres Bogor Kota, AKP Irwandi mengatakan, den­gan adanya rencana pembuatan satu jalur diseputaran KRB, pihaknya akan intensif melakukan kajian bersama DL­LAJ Kota Bogor. “Kita akan bersama-sama melakukan kajian terkait damp­ak-dampak dari dialihkannya arus lalu lintas dan menjadi satu arah ini. Kami dan DLLAJ Kota Bogor akan terus mel­akukan kajian di lapangan,” pungkasn­ya.

(Guntur Eko Wicaksono)