sapi-29sapiCARIU TODAY – Kement­erian Pertanian meminta masyarakat untuk tidak kha­watir terhadap pasokan sapi untuk Idul Adha. Kement­erian ini menjamin stok sapi lokal cukup untuk perayaan Idul Kurban.

“Menghadapi Idul Adha, masyarakat jangan khawatir,” kata Staf Ahli Menteri Pertani­an Bidang Investasi Pertanian, Syukur Iwantoro, di salah satu perusahaan penggemukan sapi (feedlotter), PT Catur Mi­tra Taruma, Carui, Kabupaten Bogor, kemarin.

Syukur mengatakan bahwa setiap tahunnya ada sebanyak 2,8 juta-3 juta sapi lokal siap potong, termasuk sapi yang di­gunakan untuk hewan kurban. Rata-rata sapinya berusia tiga tahun ke atas.

Baca Juga :  Para Petinggi Sekolah At-Taufiq Meminta Disdik Memulai PTM

Dia pun menjelaskan bah­wa jenis sapi yang digunakan untuk berkurban adalah sapi lokal, bukan sapi impor. Se­bab, masyarakat melihat sapi lokal memenuhi persyaratan kurban. “Yang namanya sapi kurban selama ini berasal dari sapi lokal dan tidak ada yang menggunakan sapi impor. Sapi impor tidak memenuhi syarat untuk kurban. Yang ‘ca­cat’ itu telinganya (telingnya dilubangi) dan ada yang dike­biri,” kata Syukur.

Baca Juga :  Ratusan Warung di Sepanjang Jalur Katulampa Dibongkar Petugas Gabungan

Selain itu, pihak Kemen­terian Pertanian juga telah bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Persatuan Dokter Hewan Indo­nesia (PDHI) untuk menjamin kesehatan hewan kurban, ter­masuk sapi. “Insya Allah, (kes­ehatannya terjamin), baik sapi maupun kambing,” ujar dia.

(Yuska Apitya Aji)