BOGOR TODAY – Berangkat dari kekhawati­ran masyarakat akan kurangnya jumlah amil pengurus jenazah, Pemkot Bogor melalui bagian kemasyarakatan menyelenggarakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman di gedung SMA Plus YPHB Kota Bogor, kemarin. Pela­tihan ini dihadiri 130 peserta yang mewakili hampir semua kecamatan dan kelurahan se Kota Bogor.

Saat ini di Kota Bogor dari 792 RW, hanya ada 674 amil. Dari jumlah tersebut, penye­baran amil juga dianggap tidak merata. “Di­harapkan setelah pelatihan ini, jumlah amil dapat setara dengan jumlah rasio masyara­kat,” ujar Arif, Kasubag Keagamaan pada Ba­gian Kemasyarakatan Setdakot Bogor.

Baca Juga :  Perumda PPJ Matangkan Pembangunan Park and Ride Plaza Bogor

Selain itu untuk membenahi komunikasi antar amil yang selama ini belum terkoor­dinasi, akan dibentuk Forum Komunikasi Petugas Pemulasaraan Jenazah. Forum ini nantinya akan dijadikan sarana komunikasi antar amil dan memudahkan masyarakat mencari tenaga amil yang dibutuhkan. Nanti­nya forum ini akan berada dibawah naungan Lembaga Kemasyarakatan dan bekerjasama dengan Kementerian Agama. Selain itu, ada akhir pelatihan ini, para peserta yang dianggap sudah memenuhi kualifikasi akan mendapatkan sertifikat.

Baca Juga :  44 Karya Ilustrasi dari 18 Seniman Dipamerkan di Kota Bogor

“Saya sangat mengapresiasi pelatihan ini karena diselenggarakan dalam rangka mense­jahterakan warga Kota Bogor,” ucap Ketua MUI Kota Bogor Adam Ibrahim yang turut ha­dir sebagai pemberi materi. “Mudah-mudah­an acara pelatihan ini berjalan lancar, semoga para peserta diberi ilmu dan semoga kegiatan ini akan menjadi ibadah bagi kita semua,” tam­bahnya.

(Guntur Eko Wicaksono)