Pemain-Arema-saat-latihan-di-abd-salehMALANG - Siapa pelatih Arema Cronus sepeninggal (alm) Suharno akhirnya telah diputuskan. Asisten pelatih Joko “Getuk” Susilo ditunjuk oleh manajemen untuk menjadi na­khkoda baru tim Singo Edan.

Tugas pertama Gethuk adalah un­tuk membawa Arema Cronus meraih prestasi tertinggi di turnamen Piala Presiden 2015.

“Kami menunjuk Getuk sebagai pelatih Arema meneruskan almarhum Suharno. Dia akan melatih di Piala Presiden,” kata General Manager Are­ma, Ruddy Widodo, Kamis (27/8).

Penunjukan Getuk dinilai sudah tepat karena secara pengalaman dan strategi, sudah menyatu dengan pe­main-pemain Arema.

Menjadi asisten pelatih Suharno sejak November 2013 silam, Getuk memang tinggal melanjutkan pro­gram dan gaya main yang selama ini diusung Suharno.

“Kami memilihnya dengan pertim­bangan tak perlu memulai dari nol. Dia sudah dekat dengan pemain, dan tinggal memantapkan karakter per­mainan Arema saja,” lanjut Ruddy.

Di Piala Presiden, Arema ter­gabung di grup B sekaligus menjadi tuan rumah. Tiga tim lainnya adalah Sriwijaya FC, Persela Lamongan dan PSGC Ciamis.

Sebelumnya, Pelatih Arema Cro­nus, Gethuk mengaku menunggu pemain-pemain anyarnya bergabung dulu sebelum mau berkomentar.

“Saya nggak mau berpikir banyak tentang pemain baru. Kalau mereka sudah di sini, saya baru mau me­mikirkan mereka,” ujar Gethuk

“Kalau belum gabung, berarti saya harus fokus dengan pemain yang saya punya,” sambungnya.

Sebelumnya, manajemen Arema Cronus akhirnya buka kartu ihwal duet pemain asing yang bakal mem­perkuat skuat mereka pada Piala Presiden.

Duo asing yang merapat ke skuat besutan Joko Susilo ini adalah Lan­cine Kone dan Morimakan Koita.

“Saat ini, mereka sedang dalam perjalanan. Mungkin, Jumat (28/08) besok, mereka sudah tiba,” ujar Me­dia Officer Arema Cronus, Sudarmaji.

“Kalau memungkinkan, sore mereka akan langsung ikut latihan,” sambungnya.

Bergabungnya Kone dan Koita mengakhiri spekulasi ihwal siapa pe­main asing yang memperkuat Arema.

Sebelumnya, sejumlah nama te­nar macam Esteban Vizcarra, Ron­ald Fagundez, Boas Salossa, bahkan Bayu Gatra dikabarkan bakal mem­perkuat klub yang baru saja ditinggal wafat pelatih mereka, Suharno, ini.

Arema sendiri ngebet berburu pe­main asing untuk mengisi posisi yang se­belumnya ditempati duo Liberia, Seng­bah Kennedy dan Abblode Yao Rudy ini.

Sebelumnya, Kone berstatus penyerang Persipura Jayapura. Se­mentara, Koita merupakan pilar per­mainan Sriwijaya FC.

(Imam/net)