alfian mujani 240TAHU gambar uang seri rupiah? Se­orang pria gagah, berbadan penuh otot dan terlihat perkasa dengan golok di tangannya. Tahu uang satu dol­lar Amerika kertas? Gambar orang tua pucat dengan wig dan wajah pucat. Tak ada karakter jantan. Sekarang, “14 orang gagah bergolok” itu takluk pada “satu orang tua pucat.”

Terbukti bahwa penentu kemenangan bukan fisik. Tapi muatan yang ada di dalam fisik. Siapa pun boleh menjadi pejabat, asal di dadanya ada iman dan cinta tanah air, bu­kan cinta diri dan golongannya. Bukan luas wilayah yang menjadikan sebuah negara itu kaya dan jaya, namun siapa saja yang ada di dalam negara itu.

Jika negara itu dipadati manusia tak be­rakhlak dan gemar korupsi, maka sekaya apa­pun tetap akan terpuruk. Singapura, Swiss negara kecil dan miskin sumber daya alam, tapi karena pemimpin dan rakyatnya me­miliki adab—hospitality—maka dua negara kecil itu sangat makmur. Rakyatnya sangat sejahtera. Indonesia ingin seperti Singapura dan Swiss? Maka, tegakkanlah akhlak…!