HL-(3)“Kami masih optimis untuk mempertahankan gelar juara umum, karena peta kekuatan Tim Paralayang dan Gantole di Jawa Barat (Jabar). Di situ Kabupaten Bogor menjadi kekuatan utama dalam kontingen Jabar,” Ketua Pengcab PLGI Kabupaten Bogor, Wawan Haikal Kurdi

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Hajatan besar Tanah Air, Pekan Olah­raga Nasional (PON) XIX/2016 sudah di depan mata. Berb­agai cabang olahraga (cabor) sudah menggelar pertandingan babak Pra Kualifikasi PON. Menyusul cabor Persatuan Layang Gantung Indo­nesia (PLGI) bakal menggelar Pra PON di Sumedang.

Ketua Pengurus Cabang (Peng­cab) PLGI Kabupaten Bogor, Wawan Haikal Kurdi mengatakan bahwa peta kekuatan tim paralay­ang dan gantole terpusat di Jawa Barat ( Jabar). Kabupaten Bogor menjadi salah satu kekuatan besar dalam kontingen paralayang dan gantole Jabar. “Di PON XVIII/2012 lalu di Riau, kontingen Jabar ber­hasil keluar sebagai juara umum,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Jabar mematok target untuk bisa mempertahankan gelar juara umum paga gelaran PON XIX/2016 mendatang. Optimisme Jabar di­perkuat dengan hasil raihan atlet Jabar yang gemilang di ajang World Paragliding Accuracy Champion­ship (WPAC) 2015 yang digelar di Gunung Mas Puncak, Bogor.

“Dalam PON XIX 2016 men­datang, kekuatan untuk cabang paralayang, dan gantole memang berada di Jawa Barat. Karena pada PON XVIII 2012 di Riau, Jabar kelu­ar sebagai juara umum. Makanya, untuk PON kali ini, Pengcab Para­layang, dan Gantole punya tar­get mempertahankan gelar juara umum, dan juga menambah target medalinya,” ujarnya.

Mantan manager Paralayang, dan Gantole Jabar pada PON XVIII Riau 2012 ini menambahkan, un­tuk event yang sama tahun ini, sepertinya kekuatan Tim Paralay­ang, dan Gantole Jawa Barat akan mengandalkan atlet-atlet dari Bumi Tegar Beriman.

“Kami masih optmis dengan mengandalkan Dede Supratman, Nanang Suryana, Umay, Ujang Robi, Ayat Supriatna, Iyus Pri­yatna, maka Tim PON Jabar akan punya potensi besar untuk mem­pertahankan gelar juara umum dalam PON 2016 yang akan digelar di Jabar,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Bogor, Rusdi AS berharap, semua atlet Kabupaten Bogor yang berasal dari semua ca­bor harus bisa menunjukan presta­si terbaiknya, dengan memberikan kontribusi sebanyak-banyaknya bagi Kontingen Jawa Barat dalam PON XIX Jabar 2016.

“PON XIX 2016 digelar di rumah sendiri. Maka sangat wajar, jika semua atlet Jabar termasuk para atlet yang berasal dari Kabupaten Bogor, harus bisa menjadi yang terbaik, dan masuk dalam bagian Kontingen Jabar dalam menggapai target Jabar Kahiji,” katanya. (*)