HL-(2)Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Bogor tidak gentar bersaing di ajang Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) XIII/2018. Bahkan di bawah komando Eko Suprihadi, PRSI Kota Bogor ingin memborong medali di ajang bergengsi tingkat Jabar tersebut

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

PRSI Kota Bogor percaya diri menyongsong gelaran Porda Jabar XIII/2015 menghadapi kontingen dari kota/kabu­paten lain yang dihuni oleh perenang-perenang kaliber nasional. Bahkan menghadapi tuan rumah Kabu­paten Bogor. hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum (Ketum) Pengurus Cabang (Pengcab) PRSI Kota Bogor, Eko Suprihadi.

“Kami tengah menyiapkan delapan orang atlet untuk ditempa mewakili Kota Bogor berlaga di Porda Jabar XIII/2015. Mereka atlet putra daerah yang saat ini masih duduk di bangku sekolah di wilayah Kota Bogor,” katanya kepada BOGOR TODAY, di sela kejuaraan Wa­likota Cup Open 2015, Sabtu (5/9/2015).

Walikota Cup Open 2015 yang di­inisiasi oleh PRSI Kota Bogor digelar di Kolam Renang Mila Kencana, Sabtu – Minggu (5-6/9/2015). Kejuaraan renang tingkat pelajar ini digelar secara terbuka dan diikuti oleh klub-klub renang dan sekolah di wilayah Jabar dan Jawa Ten­gah ( Jateng).

Baca Juga :  Tahun Ini Akan Ada Dua GOR yang Akan Berdiri di Kota Bogor Sebagai Janji Kampanye Wali Kota

“Peserta yang terdaftar sebanyak 582 perenang putra dan putri yang be­rasal dari 35 klub dan 72 sekolah yang mengirimkan perwakilannya. Saya san­gat gembira, menurut catatan PRSI, ke­juaraan ini lebih meriah dibandingkan Walikota Cup sebelumnya. Peserta ber­dasarkan catatan panitia berasal dari wilayah Jakarta, Banten, Jabar dan Kota Solo,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, selain fokus menyiapkan atlet. PRSI Kota Bo­gor juga tengah menggeber pembentu­kan klub renang sebagai ujung tombak pembinaan atlet. “dalam kurun dua bu­lan terakhir, kita sudah ada penambah­an enam klub renang baru. Kami bantu proses legalisasi klub renang menjadi anggota PRSI,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Harian PRSI Kota Bogor, M Nasir memaparkan peta pembinaan atlet Kota Bogor dalam tiga tahun ke depan. Diungkapkannya, dalam setahun pertama kepengurusan fokus untuk melakukan kegiatan penja­ringan atlet muda. “Penjaringan dilaku­kan melalui kejuaraan seperti ini serta dari pembentukan klub renang baru,” jelasnya.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

Kemudian, lanjutnya, di tahun ked­ua PRSI Kota Bogor akan fokus pada pembinaan atlet hasil penjaringan untuk dibentuk menjadi atlet handal dengan kemampuan sekelas pemain nasional. “Nah di tahun ketiga kita ma­suk pembentukan mental dan memper­tajam skill dengan mengikutkan mer­eka di berbagai kejuaraan renang yang ada,” tegasnya.

Ditambahkan Nasir, PRSI Kota Bogor tidak ingin jor-joran melakukan belanja atlet luar daerah dan memperbanyak at­let yang berada di bawah naungan PRSI Kota Bogor. melainkan mematangkan atlet sesuai dengan kuota yang ditetap­kan oleh PRSI Kota Bogor,” ucapnya.

PRSI Kota Bogor tengah menyiapkan delapan orang atletnya untuk berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda). Diantaranya ada Akmarina, Aqsa Diaz Lanang, Salina Kodri dan Arina. “Untuk pembinaan atlet, kita bicara kualitas bu­kan kuantitas,” pungkasnya. (*)