Untitled-4UNITEX Motorcycle Club (UMC) menggelar kegiatan ziarah bermotor, 5-6 September 2015. Tokoh masyarakat, Arifin Himawan, didaulat untuk melepas rombongan. Pria yang akrab disapa Kang Ahim itu mengapre­siasi langkah para bikers Kota Bogor tersebut karena dinilai bisa mengubah stigma negatif para bikers dari ugal-ugalan dan kekerasan.

Dalam kegiatan yang mengambil start di halaman Kantor XL Center, Jalan Sudirman, Kota Bogor, itu diikuti sedikitnya 22 motor dengan 35 orang anggota UMC. “Semangat kebersamaan, kekompakan dan aktivitas positif ini perlu kita dukung. Kalau semua bisa bersama, tidak ada lagi satu kelompok dengan kelompok lain saling berselisih pa­ham,” ungkap Kang Ahim kepada BOGOR TODAY, kemarin.

Ahim menambahkan, dengan aktivitas seperti ini diharapkan para anggota club mo­tor ini bisa mengambil makna baik. “Tidak sekedar kumpul atau hura-hura, keberadaan suatu komunitas itu akan sangat dirasakan jika bisa bermanfaat bagi lingkungan seki­tarnya. Diharapkan aksi sosial lainnya juga bisa dilakukan dalam hal membantu sesama. Saya rasa komunitas lain harus membuat gerakan postif seperti ini juga,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua UMC, Een Mardani, mengungkapkan bahwa ziarah bermotor ini sudah menjadi agenda rutin komunitasnya. “Setahun bisa dua atau tiga kali kegiatan zi­arah bermotor ini. Tidak sekedar refreshing, kami juga ingin mencari nilai religiusnya se­hingga jasmani serta rohani seimbang,” ujar Mardani.

Dalam kegiatan kali ini, UMC melakukan touring ke makam Pangeran Jaga Lautan yang merupakan cucu dari Sunan Gunung Jati di Pulau Cangkir, Banten. Setelah itu, tim kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu.

(Apriyadi Hidayat)

============================================================
============================================================
============================================================