Narasumber2-NabillahBOGOR, Today – Pentingnya praktikum untuk mencetak lulusan yang lebih ber­mutu dan berkualitas dilakukan oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIKA Bogor. Sebab itulah, ma­hasiwa diajak belajar menjadi Crew/PA (Production Asistant) di Channel Media Televisi Nasional Trans 7 sebagai salah satu upaya untuk membuka peluang emas dan pengalaman bagi mahasiswa KPI UIKA.

Program Kerja dari Ketua Program Studi KPI UIKA Zahrotunni’mah, S.Ag., M.Si. yaituMagang di Media Televisi Nasional Trans 7 berlangsung sejak 25 Juni hingga 25 Agus­tus lalu. Oleh-oleh pengetahuan hasil studi itu, dirasakan betul oleh para mahasiswa. Program magang ini akan berlanjut untuk semester berikutnya. “Kerjasama ini akan berlanjut untuk semester berikutnya seperti yang sudah di bicarakan dengan pihak HRD Trans,” ujar wanita berparas menawan terse­but dengan antusias kepada BOGOR TODAY, Selasa (08/09/2015), kemarin.

Beberapa mahasiswa dari berbagai per­guruan tinggi di Indonesia secara bersa­maan melaksanakan Magang/PPL (Program Pengalaman Lapangan) di Channel TV Nasi­onal Trans 7 di mulai dari bulan Juni hingga Agustus lalu. Sedangkan 4 orang mahasiswa Semester 3 KPI UIKA yang melaksanakan magang tersebut diantaranya ialah Mufti­hah Ma’rupah dalam Program News (Redaksi), Lutfiyah R Kastela di Program CCTV, sementara M.Kholil Arraki dan Nabillah di ProgramKhazanah.

Baca Juga :  112 Perangkat Desa Tuntas Ikuti Sekolah Pemerintahan Desa

Aneta Indra salah satu mahasiswa juru­san Teknik Telekomunikasi Universitas TEL­KOM Bandung yang magang di Divisi News mengungkapkan meski dirinya bertolak be­lakang belakang dengan jurusannya ia tetap antusias dan memang passionnya di bi­dang ini.“Banyak yang kami dapatkan yaitumengetahui flow proses produksi berita sekaligus memantau dari mulai naskah itu masuk dari sumber informasi yaitu KORDA (Koordinator Daerah) kemudian pengedi­tan naskah, pembelajaran VO, print kaset, sampai berita itu tayang,“ ujarnya. Ia juga belajar terjun langsung liputan, menjadi re­porter dan kameran dari mulai booking mo­bil, melobi orang, wawancara narasumber, membuat VTC hingga membuat naskah, dan teknik pengambilan gambar.

Hal senada di ungkapkan pula oleh Na­billah salah satu Mahasiswa KPI UIKA Bo­gor yang magang di Divisi Khazanah.“Kami disini dapat mempelajari bagaimana liputan, menentukan tema, belajar VO, cara mem­buat naskah, mengetahui alur proses produksi khazanah sampai tayang dan tentu­nya mengetahui dunia pertelevisian,“tegasnya.

Baca Juga :  112 Perangkat Desa Tuntas Ikuti Sekolah Pemerintahan Desa

Sementara, Selo Rowandanu salah satu Produser Khazanah Trans 7 yaitu menjelas­kan proses pembelajaran mahasiswa. “Mahasiswa yang magang disini kami berikan kebebasan untuk aktif bertanya dan aktif dalam hal lainnya agar mereka bisa mendapatkan pembelajaran baik berupa pengetahuan maupun pengalaman,” terangnya. Production Asistant (PA) Divisi News (Redaksi Siang- Sore), Dina Pebrianty yang akrab disapa Mbak Jolie, juga menyambut proses pembelajaran ma­hasiswa UIKA di Trans 7. “Pembelajaran mahasiswa yang magang tersebut ter­kait fungsi dari PA itu send­iri lebih kepada memantau flow proses produksi dari mulai berita itu belum jadi sampai layak untuk tayang,” paparnya.

Kesan dan pesan positif pun datang dari salah satu News Anchor cantik seka­ligus Korda Redaksi Trans 7, Rikha Indriaswari yang menilai para mahasiwa be­gitu tanggap dan cekatan. “Semua mahasiswa ma­gangnya semangat, cepat tanggap, mengetahui flow kerja redaksi seperti apa, inisiatif tinggi dan ceka­tan,” ujarnya. Proses ini tentu menjadi kebang­gaan dan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa UIKA Bogor.

(Muftihah Ma’rupah/UIKA Bogor)