12_9_ipad_macbook_air-800x450Pertama-tama, iPad Pro menjadi tablet iPad terbesar yang pernah dibuat Apple, dengan bentang layar 12,9 inci dan teknologi Retina dis­play khas Apple.

Tablet dengan ketebalan 6,9 mm dan bobot 700-an gram tersebut di dalamnya mengusung prosesor 64-bit Apple A9X dengan fabrikasi 16 nm.

Prosesor tersebut dikata­kan oleh Phill Schiller, Sen­ior Vice President Worldwide Marketing Apple di acara pe­luncuran, memiliki kinerja 1,8 kali lebih baik dibanding prosesor A8X sebelumnya.

Selain itu, terdapat pula motion processor M9 untuk mengoleksi dan mengolah data dari sensor-sensor yang dimiliki iPad Pro.

Pantauan lewat siaran streaming peluncuran, Schiller tidak menyebut se­cara pasti berapa kapasitas memori RAM yang diusung oleh iPad Pro. Sementara dalam hal kapasitas peny­impanan internal, terdapat model 32 GB dan 128 GB.

Baca Juga :  Pria di Jember Nekat Mau Lompat dari Lantai 4 Gedung Pusat Perbelanjaan, Diduga karena Digugat Cerai Sang Istri

Urusan kamera, Apple memasang kamera iSight 8 megapiksel dengan lensa 5 elemen yang memiliki dia­fragma f/2,2, disertai fitur lampu flash True Tone dan kemampuan merekam video dalam resolusi 4K.

Pihak Apple juga tidak merinci berapa kapasitas baterai iPad Pro, namun di atas panggung, Schiller mengklaim baterai iPad Pro bisa bertahan selama 10 jam untuk menonton video atau browsing web.

Dari segi audio, iPad Pro kini dilengkapi dengan speaker di keempat sudu­tnya. “Empat speaker ini akan menyeimbangkan suara stereo tergantung bagaimana Anda memegangnya,” kata Schiller.

Baca Juga :  Hilang Dua Pekan, Afan Maulana Ditemukan Petugas Dinas Sosial

Dan yang tidak kalah penting, iPad Pro kini juga dilengkapi dengan pena sty­lus yang oleh Apple diberi nama Pencil yang dijual ter­pisah.

Fitur lain yang dimiliki iPad Pro adalah konektivitas Wi-Fi 802.11ac, LTE hingga 150 Mbps, Bluetooth 4.0, sensor sidik jari Touch ID dan menjalankan sistem operasi iOS9 dengan fitur multitasking.

iPad pro juga bisa dipadu­kan dengan keyboard khusus bernama Smart Keyboard, yang tentunya dijual terpi­sah. Tablet terbaru Apple ini tersedia dalam tiga pilihan warna, emas, perak, dan abu-abu.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]