wpid-map15_2Indonesia sudah tercatat sebagai salah satu calon tuan rumah MotoGP 2017. Hal ini diketahui dari keputusan International Motorcycling Federation (FIM).

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Menurut lapo­ran Sport Rider, Rabu (16/9/2015) In­donesia harus bersaing dengan Kazakhstan, Thailand dan Finlandia. Jika nantinya terpilih, Indonesia akan menjadikan Sirkuit Sen­tul, Bogor, Jawa Barat sebagai arena persaingan para rider papan atas dunia.

Dari sisi kesiapan, tiga negara saingan Indonesia dinilai lebih mumpuni. Di Thailand, Chang Internation­al Circuit sudah rampung direnovasi sehingga Dorna Sports mengadakan putaran World Superbike di sana pada tahun ini.

Sementara itu otoritas nasional di Finlandia telah membuat komitmen serius dengan Dorna Sports usai GP San Marino, akhir pekan lalu.

Indonesia sendiri masih berkutat dengan negosiasi uang jaminan yang diminta Dorna. Pemerintah hanya sanggup menyediakan 3 juta euro. Sementara Dorna me­minta sekurang-kurangnya 7 juta euro atau setara Rp 110 Miliar.

Kabar baiknya, FIM dan Dorna dilaporkan sepakat menambah dua lokasi pada 2017 mendatang. Itu artinya, akan ada 20 balapan dalam satu musim.

Melihat hal tersebut, pel­uang Indonesia untuk bersa­ing menyelenggarakan Mo­toGP kembali terbuka. Hal ini juga telah disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

“Kami telah berkirim surat ke pihak-pihak resmi, baik Dorna dan Federasi Balap Internasional. Kami dan Kementerian Pariwisa­ta telah membicarakan ang­garannya, meskipun ada angka yang akan dinego­siasi lagi,» kata Imam belum lama ini. (*)