demo-RIAUBOGOR TODAY – Puluhan maha­siswa dari Ikatan Pelajar Maha­siswa Riau Bogor (IKPMRB) meng­gelar orasi di depan Istana Bogor, kemarin. Mereka mengaku pri­hatin terhadap kebakaran Hutan dan Lahan yang terjadi di Provinsi Riau, mengakibatkan kabut asap dan kondisi udara yang tidak sehat, sehingga banyak masyarakat yang mengalami penyakit Infeksi Sal­uran Pernafasan Akut (ISPA).

“Bencana ini harus segera di­tanggapi serius oleh pemerintah pusat, sampai saat ini pemerintah pusat belum ada tindakan, kami menginginkan bencana ini menjadi status bencana Nasional. Bukan Bencana Daerah,” papar Sudrajat, dalam orasinya.

Baca Juga :  Begal Kembali Beraksi di Bogor, Polisi Kejar Pelaku

Selain itu, puluhan mahasiwa juga meminta kepada Presiden Jokowi untuk segera mengatasi per­masalahan kabut asap di Provinsi Riau. Upaya yang dilakukan mesti­nya mencabut izin perusahan HTI dan Perusahan sawit yang terlibat pembakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

Mahasiswa minta agar pemer­intah segera melakukan tindakan tegas dengan memberikan sanksi hukum kepada pelaku pemba­karan hutan seberat beratnya agar kejadian ini tidak terulang kembali. “Kami juga akan akan aksi besar-besaran ke Jakarta besok, dengan membawa massa yang lebih ban­yak,” pungkas Sudrajat, Ketua IK­PMRB Universitas Djuanda.

Baca Juga :  Tirta Pakuan Minimalisir Gangguan Layanan Saat Pengerjaan Penggantian Valve Induk

Masalah pembakaran lahan ini bukanlah yg pertama kalinya. Ke­jadian pembakaran lahan dan kabut asap sering terjadi di Provinsi Riau. Namun pemerintah tidak terlihat adanya tindakan yang nyata, men­gatasi masalah ini.

(Guntur Eko Wicakosono)