kakiannANGGOTA Unit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap Bambang Sutrisno, pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Central Asia (BCA). Seperti apa modusnya?

(Yuska Apitya Aji)

“SUDAH membobol ATM 12 kali, se­jak Juni hingga Agustus 2015,” kata Komisaris Teuku Arsya Khadafi, Kepala Unit IV Sub­direktorat Resmob Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Minggu(20/9/2015).

Bambang yang berusia 29 tahun ini ditangkap di Graha Permata Pancoran, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Se­banyak 12 tempat ATM itu adalah Club House Medit­erania, SPBU Meruya Ilir, Puri Indah 4, International Batik Center, Pasar Grosir Setono (Solo), Indomart Soekarno-Hatta, Tematik Ho­tel, dan Sudirman Park. Lalu, Apartemen Sudirman Park 2, Apartemen Sudirman Park 3, ILP Pasar Minggu, dan SPBU Casablanca. “Uang yang diam­bil minimal Rp 100 ribu hingga Rp 2,5 juta,” ujarnya.

Baca Juga :  Lirik Lagu Lyodra - Kalau Bosan

Modus pembobolan den­gan memasukan kartu BCA miliknya ke mesin ATM. Ke­mudian setelah memasukan PIN dan jumlah nominal uang, tersangka mengganjal tempat keluar uang. “Saat uang akan keluar di exit shuter, pelaku menahan dan mengganjal,” ujar Arsya.

Setelah mesin tak lagi ber­bunyi, tersangka mencongkel exit shuter dengan kawat dan obeng, untuk selanjutnya di­angkat ke atas. Tersangka ke­mudian menggunakan obeng dan kawat untuk menurunkan ‘tangan robot’ di mesin ATM, sehingga uang bisa keluar pada saat itu. Namun, uang di reken­ing tersangka tidak berkurang. “Jadi uang yang diambil lebih dari nominal uang di kartu ATM-nya,” katanya.

Kasubdit Resmob Ditreskri­mum Polda Metro Jaya AKBP Eko Hadi Santoso mengata­kan, pihaknya menangkap tersangka setelah ada laporan dari pihak bank. “Bank mel­aporkan adanya tindak pidana pencurian dengan pemberatan di sejumlah mesin ATM milik bank tersebut,” kata Eko, Min­ggu (20/9/2015).

Baca Juga :  Cara Membuat Telur Dadar yang Tebal, Padat, Mudah, dan Enak Banget

Dari hasil penyelidikan se­lama beberapa minggu, tim di bawah pimpinan Kanit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Teu­ku Arsya Khadafi akhirnya ber­hasil menangkap pelakunya.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 1 buah kartu ATM, jaket warna biru dan helm yang di­gunakan saat beraksi di ATM, 1 buah kawat dan uang tunai Rp 2,3 juta.

Bambang Sutrisno ternyata bekerja sebagai teknisi mainte­nance mesin ATM rekanan dari bank. “Tersangka pekerjaan­nya memang memperbaiki ka­lau ada mesin ATM yang rusak, sehingga dia tahu seluk beluk mesin ATM,” terang Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Eko Hadi San­toso, Minggu (20/9/2015).


1 KOMENTAR

Comments are closed.