Bunga-Deposito-Bank-BRI-RupiahJAKARTA, Today – Dolar AS terus menekan rupiah hingga menembus level Rp 14.600. Meskipun kondisi ini meng­khawatirkan, namun bank-bank dalam negeri masih aman. Hal itu diungkapkan oleh Divisi Perencanaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), Eko Trilaksono, belum lama ini.

Dia menjelaskan, kondisi saat ini memang perlu men­jadi perhatian pemerintah, na­mun dunia usaha tidak perlu khawatir berlebihan. Masih ada hal-hal optimistis yang bisa terjadi setelah ketidakpas­tian global mereda.

“Tetap kita harus yakin apa yang sudah dilakukan pemerintah, kondisi ini tidak akan lama, temporary, pemerintah sudah melaku­kan berbagai kebijakan, ini beda dengan 10 tahun lalu, tetap akan ada perubahan signifikan,” jelas dia.

BACA JUGA :  Pendaki Perempuan Diduga Cedera Dievakuasi dari Pos 9 Gunung Bawakaraeng Gowa

Untuk memastikan kondisi perseroan aman, Eko me­nyebutkan, pihaknya telah melakukan uji ketahanan atau stress test rupiah di level tertentu. Meskipun tidak menyebutkan nominal pas­ti, Eko meyakini, rupiah ke depan akan kembali menguat. “Stress test bagian teknikal analisis, tetap ada optimisme, bukan sebagai hal yang kita nanti akan dikhawatirkan, kami dari perbankan masih tetap optimistis,” ucap dia.

Terkait hal itu, Eko men­gungkapkan, hingga saat ini belum ada nasabah yang perlu menjadi perhatian khusus dampak dari pelemahan ru­piah. Hal itu karena sebagian besar nasabah BRI berbisnis di sektor UMKM, yang tahan ter­hadap gejolak ekonomi global. “Memang ada beberapa yang harus koordinasi dengan na­sabah kami, saling menjaga. Belum ada nasabah terhan­tam, kami bisnis UMKM, tidak terlalu banyak terpengaruh,” katanya.

BACA JUGA :  Mantap! Timnas Wanita Indonesia Gasak Singapura 5-1

Eko menambahkan, saat ini kondisi permodalan BRI juga dalam batas aman, penyalu­ran kredit masih wajar walau­pun melambat dengan tingkat kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) di bawah 5%. “CAR aman di atas 19% per Juni, LDR 80-90%, NPL di bawah 5%, sampai akh­ir tahun tidak akan melampaui angka 5%. Kredit BRI aman, sesuai dengan target kami, moderat saja,” pungkasnya.

(Apri/DTK)

============================================================
============================================================
============================================================