BOGOR, TODAY – Pendaftaran untuk memperebutkan kursi Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) telah ditutup, Rabu (23/9/2015) malam.

Ada tiga nama yang bersaing dalam bursa calon ketua KNPI, yakni Egi Gunad­hi Whibawa, Yudi Rahmat dan M Burhani.

“Sesuai ketentuan, persyaratan bakal calon ketua yang mendaftar harus di­usung minimal satu Pengurus Kecamatan (PK) KNPI dan enam organisasi kepemu­daan (OKP). Dan ketiga bakal calon ketua ini sudah memenuhi persyaratan terse­but,” ujar Ketua Steering Comite (SC) Musda DPD KNPI, Jajang Furqon.

Meski begitu, masih ada berkas dari bakal calon yang belum melengkapi be­berapa persyaratan. “Untuk itu kami berikan tenggat waktu hingga Jumat (25/9/2015), untuk kemudian diumum­kan panitia,” tandasnya.

Jajang menambahkan, kegiatan Musda sendiri dilaksanakan pada Senin (28/09/15) mendatang di Hotel Seruni Puncak, Cisarua.

“Pada hari pelaksanaan, seluruh bakal calon ketua langsung menyampaikan visi dan misi mereka di hadapan forum Mus­da. Kemudian baru mulai pemilihan dan pengumpulan suara,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Berjanji 2023 Pembangunan Huntap di Sukajaya Rampung

Ketiga calon cukup optimis bisa memenangi perebutan kursi ketua DPD KNPI. M Burhani misalnya, sebagai icum­bent, dirinya yakin kembali memimpin induk organisasi pemuda itu lima tahun ke depan. Terlebih, Burhani mengklaim diusung oleh 17 Pengurus Kecamatan dan 10 OKP.

“Ke 17 PK dan 10 OKP secara langsung memberikan dukungannya kepada saya, dan mungkin support ini bertambah pada saat Musda berlangsung. Hal itu di­karenakan, kebersamaan dan juga solidi­tas yang selama ini telah terjalin diantara pengurus daerah, kecamatan dan juga OKP,” ujar Burhani

Burhani mengatakan, berdasarkan presentase data yang telah dilakukan oleh tim suksesnya. Dirinya mengklaim bisa mengantongi 60 sampai 70 persen dari 100 suara hak pemilih.

Sementara calon lainnya, Yudi Rahmat yang merupakan PNS di Dinas Pemuda dan Olahraga, mengklaim dirinya telah mendapat dukungan awal dai PK Ciam­pea dan enam OKP dibawah naungan syarikat Islam.

Baca Juga :  Pelaku Kasus Penculikan Terhadap Anak di Bogor Diringkus Polisi

“Saya ingin memberikan pilihan bagi pemilih, karena saya berangkat dari bi­rokrat,” ujarnya usai menyerahkan ber­kas pendaftaran di kantor DPD KNPI Ka­bupaten Bogor.

Yudi menyerahkan pernyataan du­kungan dari OKP HIMMA Alwasiyah, IKAPASKAB, SESMI, KAMMI, IUMI, Korps Putri Muslimin Indonesia dan SEPMI.

Yudi mengatakan, dirinya yakin memenangkan pemilihan. “Tetapi inti­nya, siapapun yang terpilih harus mem­berikan yang terbaik bagi KNPI,” katanya.

Sementara Egi Gunadhi Wibhawa, telah mendaftar dengan dukungan tiga PK KNPI dan 6 OKP. Egi yang saat ini menjabat Ketua Badan Kerjasama Ka­derisasi dan Promosi pada DPD KNPI Kabupaten Bogor tersebut, secara resmi mendaftar dengan rekomendasi dukun­gan dari enam Organisasi kepemudaan dan PK KNPI dari tiga Kecamatan, yakni Ciomas, parungpanjang dan Pamijahan.

“Bukan hanya menjadi sebuah wadah organisasi pemuda, tetapi juga menjadi tempat kaderisasi pemuda-pemuda yang tangguh, kreatif dan bermanfaat. Saya juga ingin membuat pengelolaan keuan­gan DPD KNPI kedepan lebih transpar­an,” tukasnya.

(Rishad Noviansyah)