Untitled-3Bogor yang terkenal sebagai kota wisata sudah rutin menjadi pilihan para pelancong untuk menghabiskan waktu liburan. Banyaknya obyek wisata yang menawarkan berbagai hiburan, ditambah lokasi yang tidak begitu jauh dari Ibukota Jakarta membuat wilayah ini jadi buruan para wisatawan, khususnya di setiap akhir pe­kan.

Melihat potensi pasar yang begitu be­sar, tak heran jika tempat wisata juga terus bermunculan di kota hujan. Sam­pai-sampai, sejumlah restoran yang ada di Bogor juga ikut menghadirkan fasili­tas wisata guna menarik lebih banyak pengunjung. Fasilitas tersebut sengaja dihadirkan untuk menambah daya tarik selain berbagai kuliner khas yang mereka miliki.

Pengemasan konsep wisata yang di­hadirkan sejumlah restoran berbeda-be­da. Ada yang hadir dengan konsep wisata alam, fasilitas hiburan, sampai dengan karyawisata yang bisa menabah wawasan wisatawan. Seperti yang dilakukan SKI Restaurant misalnya. Rumah makan yang berada satu kawasan dengan retail tas SKI Tas Tajur ini menghadirkan sejumlah fasilitas seperti praktik memasak sampai dengan wahana outbound disamping restoran sebagai core bisnisnya.

Baca Juga :  Pelajar di Bogor Jadi Korban Penjambretan, Polisi : Modusnya Tanya Alamat

“Selain sebagai tempat gathering family, di sini pengunjung juga bisa be­rekreasi. Sejumlah wahana seperti flying fox, buggy cart off road and on road, wa­ter ball, waterpark, bungee trampoline, bouncy, mini jet ski, perahu paddler, sam­pai dengan paint ball ada di sini,” ujar Edi Suprapto selaku kepala SKI Restaurant.

Meski terkenal dengan fasilitas wisa­tanya, bukan berarti menu-menu di SKI Restaurant kurang memuaskan. Sejumlah menu mulai dari laksa Bogor, soto mie Bogor, sampai dengan soto bogor ter­bukti selalu menjadi buruan wisatawan karena rasanya yang terkenal nikmat. “Memang masakan Indonesia khususnya khas Sunda menjadi andalan di sini. Tapi selain itu, kami juga menyediakan west­ern dan chinesee food demi memuaskan para pengujung yang datang ke restoran ini,” imbuh Edi.

Dengan berbagai menu dan fasilitas wisata yang dimiliki, tentunya sebuah rumah makan makin memiliki daya tarik di mata para wisatawan. Sebab dengan fasilitas terse­but, rumah makan menjadi obyek wisata karena memiliki sesuatu yang menarik untuk dilihat, unik atau khas untuk dibe­li, dan pengunjung juga bisa melakukan sesuatu di tempat tersebut. Alhasil, sek­tor pariwisata Bogor makin dilirik wisata­wan domestic maupun mancanegara.

Baca Juga :  Tenggak Miras Sambil Berkendara, 4 Remaja Jakarta Digiring Polisi di Puncak

Data yang dihimpun dari Dinas Kebu­dayaan dan Piriwisata Kota Bogor menye­butkan, jumlah wisatawan yang datang ke kota hujan selalu meningkat setiap tahun­nya. Bahkan selama 2014 kemarin, ter­catat lebih dari 4,3 juta wisatawan datang untuk mengunjungi berbagai lokasi dan obyek wisata di Kota Bogor. Angka terse­but tentunya belum termasuk jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kabupaten Bogor yeng memiliki luas ser­ta obyek wisata yang lebih banyak.

“Sektor pariwisata mengalami peningkatan jumlah kunjungan sebesar 10,5 persen dari tahun sebelumnya (2013). Sebanyak 4.350.930 pengunjung yang da­tang ke Kota Bogor didominasi oleh wisa­tawan domestik sebesar 4.180.650 dan si­sanya 202.280 wisatawan manca negara.” Kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam Laporan Keterangan Pertanggung­jawaban tahun 2014.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected] (*)