Untitled-1PENAMPILAN lansia sering ber­beda dengan pada dewasa muda, karena penyakit pada lansia merupakan gabungan dari kelain­an-kelainan yang timbul akibat penyakit dan proses menua, yaitu proses menghilangnya secara perlahan-lahan kemampuan jarin­gan untuk memperbaiki diri atau mengganti diri serta mempertah­ankan struktur dan fungsi normal­nya, sehingga tidak dapat berthan terhadap jejas (termasuk infeksi) dan memperbaiki kerusakan yang diderita.

Demikian juga, masalah kes­ehatan yang sering terjadi pada lansia berbeda dari orang dewasa, masalah pada lansia perlu dikenal dan dimengerti oleh siapa saja yang banyak berhubungan den­gan perawatan lansia agar dapat memberikan perawatan untuk mencapai derajat kesehatan yang seoptimal mungkin.

Baca Juga :  Terbongkar, Ini Penyebab Mewabahnya Berbagai Penyakit Baru

Beberapa penyakit yang sering diderita lansia adalah se­bagai berikut:

  1. Kurang bergerak: gang­guan fisik, jiwa, dan faktor ling­kungan dapat menyebabkan lansia kurang bergerak. Penyebab yang paling sering adalah gangguan tulang, sendi dan otot, gangguan saraf, dan penyakit jantung dan pembuluh darah.
  2. Instabilitas: penyebab ter­jatuh pada lansia dapat berupa fak­tor intrinsik (hal-hal yang berkaitan dengan keadaan tubuh penderita) baik karena proses menua, penya­kit maupun faktor ekstrinsik (hal-hal yang berasal dari luar tubuh) seperti obat-obat tertentu dan fak­tor lingkungan.

Akibat yang paling sering dari terjatuh pada lansia adalah keru­sakan bahagian tertentu dari tubuh yang mengakibatkan rasa sakit, patah tulang, cedera pada kepala, luka bakar karena air panas akibat terjatuh ke dalam tempat man­di. Selain daripada itu, terjatuh menyebabkan lansia tersebut san­gat membatasi pergerakannya.

Baca Juga :  Terbongkar, Ini Penyebab Mewabahnya Berbagai Penyakit Baru

Walaupun sebahagian lansia yang terjatuh tidak sampai menye­babkan kematian atau gangguan fisik yang berat, tetapi kejadian ini haruslah dianggap bukan merupak­an peristiwa yang ringan. Terjatuh pada lansia dapat menyebabkan gangguan psikologik berupa hilan­gnya harga diri dan perasaan takut akan terjatuh lagi, sehingga untuk selanjutnya lansia tersebut menjadi takut berjalan untuk melindungi dirinya dari bahaya terjatuh.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua