_20151001_174710asasTato merupakan satu cara untuk mengekspresikan kreativitas, pengalaman dan kepribadian seseorang. Dan cara ini memang sangat populer. Bagi banyak orang, tato bisa memiliki arti simbolis. Tato dapat mengungkapkan kenangan yang ada di balik ukiran tubuh tersebut.

Oleh : LATIFA FITRIA
[email protected]

Di zaman sekarang ini tato jadi salah satu fasilitas ber­ekspresi yang sudah di teri­ma masyarakat luas. Tato saat ini juga tidak lagi diaso­siasikan dengan penjahat serta preman. Selain tato permanen yang di buat dengan menusukkan jarum yang dibubuhi tinta khusus ke kulit sampai mirip gam­bar yang di idamkan.

BACA JUGA :  Turunkan Kolesterol usai Kalap Makan saat Liburan Lebaran dengan Ramuan yang Dijamin Ampuh

Ada tato yang dapat dibuat dengan cara temporer yang dapat hilang dalam beberapa waktu. Meski tato temporer berkesan lebih aman karena bersifat sesaat, ternyata tato temporer tidak men­jamin dari bahaya kesehatan pada kulit.

Tato temporer memakai tinta ber­bahan henna yang digabung dengan cat rambut yang memiliki kandungan phenylenediamine (PPD) yang berbahaya bila dipakai di permukaan kulit. Serta dampak jangka panjangnya pada kulit yaitu timbulnya jaringan parut pada kulit, pergantian su­sunan dan penambahan kepekaan kulit pada ca­haya matahari.

BACA JUGA :  Kerutan di Kulit Bisa Diatasi dengan Rutin Konsumsi Makanan Ini

Dalam jangka pan­jang, tato bisa mengki­batkan masalah serius yang mengancam jiwa. “ Tato meru­pakan suatu tanda atau desain yang dibuat pada kulit dengan pigmen-pigmen yang di­masukkan me­lalui tusukan pada lapisan atas kulit. Biasanya para seni­man tato menggunakan mesin yang serupa dengan mesin jahit dengan satu atau lebih jarum untuk menusuk kulit. Pada setiap tusu­kan, jarum-jarum tersebut akan memasukkan tetesan tinta. Proses tersebut berlangsung tanpa di­lakukan anestesi sehingga dapat menimbulkan perdarahan dan rasa nyeri.” Urai Dokter Estetika, Dr Na­dia Octa­via.

============================================================
============================================================
============================================================