Untitled-5PRESTASI pelajar di berbagai bidang dibuktikan dalam event SPEAK yang digelar oleh SMA Kesatuan Bogor. Kegiatan ini mampu mendorong minat dan bakat pelajar, sekaligus mempersatukan pelajar di Kota Bogor.

Oleh: RIFKY SETIADI

[email protected]

Event SPEAK (Sequence of Performing Enter­tainment Aligning in Kesatuan) 6 tahun 2015 yang digelar sejak Senin (21/10/2015), sukses digelar dan ditutup dengan meriah pada Jumat (2/10/2015), lalu. Event yang mempersatukan para pelajar Bogor dalam kompetisi seni, budaya, olah­raga dan pendidikan ini menjadi cermin prestasi pe­lajar di Kota Bogor.

Direktur Sekolah Kesatuan, Samuel Soemantri meni­lai acara ini sebagai upaya positif dalam mengembang­kan prestasi pelajar di Kota Bogor. Ia menilai kompetisi pelajar dalam menciptakan prestasi dapat mempererat sekaligus memotivasi pelajar ke arah yang lebih positif. “Kegiatan ini merupakan upaya yang sangat baik dalam mendorong prestasi, persatuan dan kesatuan pelajar di Kota Bogor. Di masa mendatang, kegiatan ini diharap­kan dalam terus berkembang sebagai bagian dari peran Sekolah Kesatuan bagi dunia pendidikan di Kota Bo­gor,” tanggal Samuel.

Mengangkat tema “Youth’s Love for Indonesian Culture”, SPEAK 6 juga merupakan upaya untuk me­ningkatkan kesadaran generasi muda dalam meles­tarikan dan menjaga budaya bangsa. “Kita berusaha memperkenalkan, melestarikan dan menarik minat generasi muda pada bentuk-bentuk budaya bangsa dengan berbagai kegiatan yang disesuaikan perkem­bangan dan semangat mereka,” ujar Ahmad Junaedi, S. Si., M. Si, Kepala Sekolah SMA Kesatuan Bogor. Se­mentara, Pembina kegiatan, Gilang Ramadhan, S. Pd berharap kegiatan ini dapat memotivasi prestasi, minat dan bakat para pelajar Kota Bogor. “Meski kegiatan ini berakhir, namun saya berharap semangat berprestasi dan berkompetisi secara positif dapat terus dibangun dan dijaga para pelajar,” tuturnya.

Event SPEAK merupakan event yang merangkul berbagai minat dan bakat mulai dari olahraga seperti futsal dan basket, modern dance, tari tradisional, foto­grafi, english competition, choir, dan seni grafis. “Mi­nat generasi muda sangat besar di bidang itu, dengan begitu kita tinggal mengarahkan agar mereka men­junjung tema kebudayaan, berharap generasi muda mampu mengembangkan sikap, mental, sportivitas dan kreativitas yang tinggi,” tambah Junaedi. Ratusan pelajar terlibat di dalam kegiatan yang menjadi alat pemersatu pelajar Bogor ini melalui berbagai kompe­tisi. “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan peserta dan sekolah-sekolah yang ada di Kota Bogor. Melalui kegiatan ini kami berharap persaudaraan pe­lajar terus terjaga,” ungkap Kezia Clarisa, siswi ke­las XII IPA 1 yang tahun ini menjadi Ketua Pelaksana SPEAK 6.

Pelajar yang biasa dipanggil Ica itu menyebutkan, dari 16 tim peserta kompetisi futsal tingkat SMA terpilih 3 juara, begitu juga 16 tim futsal di tingkat SMP, 20 tim basket putra tingkat SMA, 8 tim basket putri tingkat SMA dan 8 tim basket putra tingkat SMP. Tak hanya itu, sebanyak 27 orang turut berpartisipasi dalam lomba fotografi, 30 orang sebagai peserta speech contest, 10 tim di kompetisi modern dance dan 13 tim di kompe­tisi tari jaipong, mendapatkan hadiah dan penghargaan yang cukup besar dari penyelenggara di acara penutu­pan.

Di kompetisi Modern Dance Juara 1 diraih Sanggar Getar Pakuan, Juara 2 SMP Kesatuan dan Juara 3 SMA Taruna Andiga. Juara 1 Jaipong diraih oleh Sanggar Ge­tar Pakuan, Juara 2 Amira dari SMP Kesatuan dan Juara 3 kembali diraih SMP Kesatuan. Juara Fotografi diraih oleh Iqbal Mahendra (SMA PGRI Plus Cibinong), Juara 2 Joseph Julitantyo (SMA Regina Pacis) dan Juara 3, Arvin Wicaksono (SMP Kesatuan). Terpilih juga Juara Favorit dari Fotografi ini, Dheviana Benawar (Universitas Multi­media Nusantara).

Futsal SMP dimenangkan oleh SMPN 9 Bogor se­bagai Juara 1, Juara 2 SMPN 11 Bogor dan Juara 3 SMP Kesatuan Bogor. Sedangkan futsal di tingkat SMA, Juara 1, SMK Mekanik, Juara 2 SMK Sumpah Pemuda, Juara 3 SMK Gazza Wiguna. Sedangkan Juara Basket SMA Putra diraih oleh Juara 1 SMAN 2 Bogor, Juara 2 SMA Kesatuan dan Juara 3 SMA Mardi Yuana. Kompetisi Basket SMA Putri Juara 1 diraih oleh SMAN 2 Bogor, Juara 2 SMAN 5 Bogor dan Juara 3 SMAN 10 Bogor. Sedangkan Basket SMP Putra Juara 1 diraih oleh SMPN 1 Cibinong, Juara 2 SMP PGRI 1 dan Juara 3 direbut oleh SMP 1 Ciawi .


1 KOMENTAR

Comments are closed.