Foto-HLMENCIPTAKAN kemajuan melalui semangat demokrasi layaknya menjadi prinsip di segala bidang. Sebagai generasi bangsa di masa depan, pelajar dan mahasiswa setingkat Penegak dan Pandega menjalankan praktik demokrasi itu dalam Sidang Paripurna Cabang.

Oleh: RIFKY SETIADI
[email protected]

Sebanyak 50 orang anggota pramuka Penegak dan Pandega Kota Bogor yang merupakan un­sur perwakilan Dewan Kerja Ranting (DKR) se- Kota Bogor dan perwakilan Dewan Saka se-Kota Bogor berkumpul dalam kegiatan Sidang Paripurna Cabang (Sidparcab) Tahun 2015 Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Kota Bogor di Aula Kwarcab Kota Bogor, Jalan Papandayan No. 25, Kota Bogor. Ke­giatan yang merupakan aplikasi dari nilai Dasa Dhar­ma Pramuka ‘Patuh dan Suka Bermusyawarah’ itu, berlangsung pada Minggu (4/10/2015), lalu. Kegiatan ini disupport penuh oleh Kwarcab Kota Bogor dan di­laksanakan oleh Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Kota Bogor masa bakti 2013-2018.

Mengambil tema ‘Sinergitas Pramuka Penegak dan Pandega Untuk Aksi Masyarakat Jaya’, Sidparcab 2015 bertekad mewujudkan kegiatan pramuka Pen­egak dan Pandega yang dapat menyentuh lapisan ma­syarakat, sehingga kegiatan itu tak hanya diorientasi­kan bagi anggota pramuka saja. Kegiatan yang dibuka oleh Setiabudi, M. Pd, Wakil Ketua Kwarcab Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwarcab Kota Bogor.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Kak Budi, begitu panggilan akrab Setiabudi me­nuturkan semangat demokrasi yang dibangun oleh pramuka harus diaplikasikan dengan sungguh-sung­guh agar menjadi nilai yang tertanam di masyara­kat. “Jadikan kegiatan Sidang Paripurna Cabang ini sebagai momentum pramuka Penegak dan Pandega dalam mengaplikasikan salah satu Dasa Dharma Pramuka, yaitu Patuh dan Suka Bermusyawarah,” ujarnya. Budi juga menegaskan, Sidparcab menjadi wahana evaluasi pelaksanaan pembinaan pramuka penegak dan pandega serta dalam upaya perenca­naan program berikutnya. “Tentu saja penyeleng­garaan Sidparcab ini sedikit banyak akan membawa warna baru dalam kiprah Pramuka Penegak dan Pan­dega di Kwarcab Kota Bogor di masa mendatang,” tambahnya.

Penyelenggaraan Sidparcab Kota Bogor 2015 dibagi menjadi 3 Komisi, antara lain Komisi A mem­bahas tentang Sistem Administrasi dan Organisasi, Komisi B membahas Program Kegiatan Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega Tahun 2015-2016 dan Komisi C membahas tentang Program yang terkait dengan Satuan Karya. Itulah sebabnya, kegiatan ini diharapkan mampu membuahkan hasil keputusan pramuka penegak dan pandega Kwarcab Kota Bogor untuk membawa Pramuka Kota Bogor ke arah yang lebih baik.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Reza Fahlevi, S.Pd.I, Sekretaris 1 Dewan Kerja Daerah Jawa Barat yang turut hadir dalam ke­giatan itu menilai koordinasi yang kuat dan tidak ter­putus akan mampu mendorong kesuksesan berbagai program kepramukaan, terlebih kehadiran Kwarcab Kota Bogor di Jawa Barat dinilai cukup baik. “Eksis­tensi Kota Bogor di kancah Jawa Barat cukup baik. Koordinasi yang tidak terputus antara DKC dan DKD turut membantu mensukseskan program-program di Jawa Barat,” urainya.

Reza juga menambahkan Sidparcab 2015 mampu mendorong peran besar kepramukaan di masyarakat. “Untuk selanjutnya Kota Bogor terus menerus menin­gkatkan kiprahnya, sesuai dengan tema yang diusung Sidparcab ini, sehigga diharapkan peran pramuka terus mengakar di masyarakat, tidak hanya melejit bagi anggota pramuka saja,” harapnya. Perwakilan Jawa Barat yang hadir dalam kegiatan ini HayatNur Isnaini Juniarti, S. Pd, Sekretaris 2 Dewan Kerja Daerah Jawa Barat menambahkan kaderisasi perlu menjadi perhatian penting dalam Sidparcab ini. “Ka­derisasi diupayakan tidak terputus, rekan-rekan DKR Se-Kota Bogor pun harus terus naik ke atas dan harus diikuti dengan perkemban­gan Pramuka Penegak dan Pandega Bogor,” paparnya.

(Laporan: Yogi Oktorionandes)

============================================================
============================================================
============================================================