HL-(7)Toyota memperkenalkan line up terbarunya, berupa sport mungil bernama S-FR. Mobil konsep ini bakal menjadi penantang serius Mazda MX-5.

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Sebagai tuan rumah, Toyota, produsen mo­bil terbesar di Jepang berusaha menjadi pusat perhatian di ajang Tokyo Mo­tor Show, akhir Oktober 2015. Pada ajang dua tahunan kali ini, Toyota telah menyiapkan penampilan konsep terbaru­nya, sport mungil, bernama S-FR.

Pihak Toyota dalam ket­erangan resminya, Jumat (9/10/2015) menyatakan, S-FR punya dimensi yang mungil. Panjang bodi cuma 3.990 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.320 mm, serta jarak sumbu roda (wheelbase) 2.480 mm. Meski mungil, kapasitas penump­angnya bisa mencapai empat orang.

Mobil sport mungil dan murah ini akan menggendong mesin 1.5-liter dan berbobot cuma 980 kg. Transmisi yang disediakan cuma manual, enam percepatan. Konsep ini juga dibekali sistem suspensi independen, membuatnya se­makin lincah bermanuver di tikungan.

Rencananya produsen oto­motif asal Jepang itu mulai menjualnya pada 2018. Jika mobil ini masuk jalur produksi massal, maka akan mengisi slot di bawah Toyota 86 atau juga dikenal dengan julukan Hachi-Roku.

Penampilan S-FR terlihat sederhana tetapi tapi unik. Wajahnya mirip Mini Superleg­gera Vision yang diperkenal­kan 2014 lalu. Lewat kombi­nasi warna dual-tone, dengan dominasi kuning stabilo dan hitam, dipastikan akan mudah menarik perhatian para pen­gunjung pameran. Interiornya dilengkapi instrument clus­ter full digital, termasuktom­bol start/stop engine. Selain tampilan dan beberapa boco­ran spesifikasi, Toyota masih belum mau bicara banyak soal konsep ini.

============================================================
============================================================
============================================================