Untitled-1Varian Innova akan segera mengaspal dalam waktu dekat. Adik bontot di keluarga Innova ini bakal dilengkapi dengan mesin turbo dengan dua pilihan bahan bakar, diesel dan bensin.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Perubahan pada All-New Innova merambah ke ham­pir semua bagian, termasuk mesin. Seperti dikutip dari Kompa­sOtomotif, generasi terbaru Innova tetap ditawarkan den­gan pilihan mesin diesel dan bensin, namun menggunakan jenis baru. “Mesin diesel jadi 2.4 VNT (Variable Nozzle Tur­bocharger), power-nya di atas yang dulu. Tenaga dan torsi lebih besar walaupun cc-nya lebih kecil,” katanya.

Saat ini varian diesel Inno­va menggunakan mesin 2KD-FTV 4-silinder D-4D DOHC 2.5L berteknologi common rail variable geometry turbo­charger serta bertenaga 100 tk dan torsi 260 Nm. Mesin D-4D juga digunakan pada SUV Fortuner, tapi kemudian pada 2012 SUV itu ditambah­kan teknologi VNT.

Kemungkinan besar, mesin 2.4 VNT milik All-New Innova sama seperti Toyota All-New Fortuner yang su­dah meluncur di Thailand. Di Thailand, Fortuner seka­rang punya pilihan mesin seri 2GD-FTV VNT Intercooler 2.4L bertenaga 148 tk dan torsi 400 Nm. Mesin ini juga dipakai pada All-New Hilux di Thailand, tapi saat diluncur­kan di Indonesia pada Agus­tus lalu, Toyota Astra Motor (TAM) tetap mempertahan­kan mesin 2KD-FTV.

Sport mode

Sumber menyebut gener­asi terbaru Innova punya pili­han mode berk­en­dara , salah satu­nya “Sport” pada varian Q yang sudah diketa­hui jadi varian dengan spesifi­kasi tertinggi. “Ini pengaturan bahan bakar di mesin , kalau mode ECO kan bikin irit nah yang ini kebalikannya,” ujar sumber.

Menyematkan mode “Sport” bisa jadi hal positif. KompasOtomotif pernah berbincang dengan para sop­ir dari jasa rental antar kota yang mengungkap lebih sen­ang menggunakan mesin ben­sin dibanding diesel karena lebih bertenaga saat dipacu di jalan tol.

Innova, Fortuner, dan Hi­lux merupakan bagian dari platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) milik Toyota, jadi pengembangannya sudah pasti bersinergi. Sumber yang sama juga mengungkap, un­tuk mesin bensin Innova baru tetap berkapasitas 2.0L na­mun sudah berteknologi dual VVT-i.

Pada model yang masih beredar sekarang, Inno­va dibekali mesin 1TR-FE 4-silinder DOHC dengan 134 tk dan torsi 182 Nm. Men­cangkokan teknologi dual VVT-i jadi usaha yang sama seperti pengembangan Grand New Avanza, tujuan­nya meningkatkan efisiensi bahan bakar. (*)

============================================================
============================================================
============================================================