Untitled-12PRESTASI berharga yang dicapai Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor, diharapkan terus berkembang dan berperan semakin nyata dalam kehidupan bermasyarakat. Karena itu, Muscab tak hanya sekedar membentuk pengurus tetapi menjadi tekad untuk melangkah lebih maju.

Oleh: RIFKY SETIADI
[email protected]

Kwarcab Kota Bogor menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) XII dengan semangat menyong­song hari baru dan harapan be­sar. Muscab yang digekar di awal Tahun Baru Islam ini berlangsung hari ini, Ka­mis (15/10/2015) di Ruang Rapat 1 Balai­kota Bogor. Melalui Muscab ini, prestasi dan peran pramuka di masyarakat di­harapkan semakin mengakar dan kian terasa manfaatnya.

Di bawah kepemimpinan H. Ade Sarip Hidayat, Pramuka Kota Bogor sudah memperlihatkan kemajuan besar dengan berbagai peran, raihan prestasi di tingkat Jawa Barat, nasional hingga peran serta ke luar negeri. Ade menyam­paikan terima kasih atas kesungguhan dan dukungan anggota pramuka di Kota Bogor sehingga Kwartir Cabang Kota Bogor terpilih sebagai Kwartir Cabang Tergiat ke-3 di Jawa Barat dan Kwartir Tergiat 2 di wilayah 1. “Kita bersyukur dengan hasil ini. Terlebih lagi, penilaian ini dilakukan 5 tahun sekali ini oleh Kwartir Daerah Jawa Barat yang diikuti oleh seluruh Kwartir Cabang se-Jawa Barat atau 26 Kwartir Cabang,” ujarnya. Ade menegaskan, prestasi-prestasi itu akan lebih baik jika terus ditingkatkan, setidaknya dipertahankan.

Di masa mendatang, berbagai pro­gram kerja dan target Kwarcab Bogor yang sudah dimulai pengurus antara lain peningkatan kinerja dengan ca­paian yang harus dikejar yaitu setiap Kwartir Ranting (Kwaran) memiliki sek­retariat, seperti yang kini sudah dimiliki oleh Kwaran Bogor Selatan, selain me­miliki Bumi Perkemahan (Buper) bagi berpusatnya kegiatan kepramukaan dan diwujudkannya Gerakan Pramuka dalam Peaturan Daerah (Perda) Kota Bogor, mengingat potensi keanggota­an pramuka yang cukup besar saat ini perlu dijaga dan bahkan penting untuk dikembangkan. Saat ini potensi peserta didik yang dimiliki pramuka mulai dari golongan Siaga, Penggalang, Penegak hingga Pandega mencapai 26.831 orang putra dan 29.672 orang putri.

Baca Juga :  Uji Kemampuang Santri, MDT Al Haya Gelar Imtihanussanah

“Berbagai pencapaian dan peng­hargaan itu, mudah-mudahan tidak membuat semua pihak cepat merasa puas. Tetapi sebaliknya, terpacu untuk terus berbuat dan berkarya bagi ger­akan pramuka Kota Bogor,” paparnya. Sebagai catatan, Kwarda Jawa Barat memiliki lima aspek meliputi bidang organisasi, bidang pendidikan, pelati­han, dan penelitian, bidang kepramu­kaan dan satuan karya, bidang abdi masyarakat dan humas, serta bidang adminitrasi.

Sejalan dengan itu, berbagai pro­gram sudah terlaksana oleh Kwarcab Bogor, mulai dari kegiatan Gelar Senja yang kembali hiduo dan semarak, Jam­bore Cabang dan Lomba Keterampilan Pramuka Penggalang (LKPP) Kota Bo­gor Tahun 2015, Kursus Pelatih Pem­bina Pramuka Tingkat Dasar (KPD dan Kursus Mahir Dasar (KMD), Melalui Bidang Pengabdian Masyarakat, Siaga Bencana dan Lingkungan, Perkemahan Mabigus, pramuka juga turut berparti­sipasi dalam masyarakat dengan mem­buat program pembuatan jembatan bambu di wilayah Cipaku-Pamoyanan, peran serta Operasi Lodaya, menjadi tuan rumah Hari Pramuka tingkat Jawa Barat, hingga terpilih menjadi pasukan pembawa panji pramuka dalam ajang Hari Pramuka Nasional.

Baca Juga :  Guru Honor di Bogor Terima Kenaikan Insentif  

Kwarcab Bogor juga berkiprah di tingkat internasional dengan mengir­imkan enam delegasi di Jambore Dunia ke-23 yang berlangsung di Yamaguchi, Jepang. “Untuk skala internasional pernah ke Abu Dabi, Jepang, Malaysia, Swedia, Thailand dan Australias. Untuk yang ke Abu Dabi dari Indonesia yang masuk hanya dari Kota Bogor saja yaitu Wasri Prayogi pada tahun 2008,” ujar Drs. Maman Suherman, M.Pd, Wakil Ketua Bidang Organisasi Kwarcab Kota Bogor.

Sementara, Sekretaris Kwarcab Kota Bogor, M Nurnawaly Amin mengurai­kan, ada tiga agenda utama pada pelak­sanaan Muscab ini yaitu penyampaian Laporan Pertanggung jawaban (LPJ), pemilihan Ketua Kwarcab yang baru, dan penyusunan Program Kerja 2015 sampai dengan 2020. Selain tiga agenda utama, Muscab pun mengagendakan penyematan Tanda penghormatan Ke­pada Pembina atau Tokoh yang berjasa dalam membangun gerakan pramuka di Kota Bogor. “Menurut rencana peng­hargaan akan diberikan oleh Walikota Bogor, Bima Arya, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kota Bogor,” jelas Wali. Kwarcab juga akan menyerahkan penghargaan kepada Kwartir Ranting tergiat. Penghargaan itu tentu merupakan bagian dari upaya membangun semangat, mempertah­ankan kebersamaan dan meningkatkan prestasi. (*)