Untitled-4Memasuki triwulan keempat tahun 2015. Agen Tunggal Pemegang Merk jor-joran memberikan diskon kepada konsumen loyal untuk mengejar target penjualan.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Toyota memberikan diskon menarik untuk stok unit siap jual Innova sudah mulai meni­pis, menurut pengakuan dua tenaga penjual dari diler Toyota. Dari 12 varian yang ditawar­kan kini pilihannya terbatas, kecenderungan­nya tinggal varian tertinggi V dan Luxury. Meski begitu ada kesempatan menarik, jelang peluncuran All-New Innova bulan depan, model lawas didiskon sampai Rp 33 juta.

Menguras stok gudang jadi strategi lumrah buat diler jelang peluncuran model baru. Dikatakan, strategi ini sudah dilakukan untuk Innova sejak pameran otomotif nasional digelar Agustus lalu.

“Tadinya diskon Rp 30 juta – Rp 35 juta. Cuma seka­rang sampai Rp 35 juta diler nggak ada yang berani lagi, paling Rp 33 juta mentoknya,” ujar tenaga penjual asal diler di kota satelit Jakarta, Rabu (14/10/2015).

Tenaga penjual yang lain dari Jakarta mengatakan, belum lama ini ada pembeli borongan dari perusahaan yang membuat stok tipe bawah J dan E terkuras. Ia men­gungkap varian yang tersedia hanya V dan Luxury serta transmisi otomatis semakin susah dicari. “Dari saya dis­kon sampai Rp 31 juta,” katanya.

Dari keterangan tambahan dua sumber itu, suplai unit Innova semakin menipis, bulan depan kemung­kinan penjualannya semakin jarang. “Sepertinya dari awal November kita stop jualan Innova, palingan yang ada hanya stok kuncian terakhir diler,” ungkap sumber luar Jakarta.

Model baru Innova kabarnya bakal meluncur pada 23 November, terdapat sembilan varian, terdiri dari dua pilihan mesin baru yaitu diesel 2.4L dan bensin 2.0L dual VVT-i. Harganya diprediksi lebih mahal sekitar Rp 30 juta, bisa jadi sekarang waktu yang tepat mendapat­kan Innova lawas dengan harga lebih murah.

Strategi yang sama juga diluncurkan Suzuki. Suzuki New Ertiga langsung ditawarkan dengan diskon Rp 5 juta selama pameran saat diluncurkan di Gaikindo Indo­nesia International Auto Show pada Agustus lalu. Kini, setelah dua bulan berselang, potongan harganya lebih besar.

Salah satu tenaga penjual dari diler Suzuki di ka­wasan pinggiran Jakarta mengatakan, rabat buat selu­ruh varian rata-rata masih Rp 5 juta, tapi khusus varian GL diskonnya mencapai Rp 15 juta. “Iya, untuk tipe GL karena paling banyak stoknya,” kata tenaga penjual itu, Senin (14/10/2015).

Di situs resmi Suzuki Indomobil Sales (SIS), New Er­tiga ditawarkan lima varian yang dijual Rp 179 juta – Rp 216,5 juta. GL mengisi posisi di atas varian terendah GA, GL ditawarkan tipe manual seharga Rp 195,5 juta dan otomatis Rp 208 juta.

Kadar perubahan New Ertiga tergolong ringan. Pal­ing signifikan berpengaruh pada estetika, sedangkan mesin masih mengandalkan tipe K14B 1.4L VVT hanya saja tenaganya diturunkan dari 95 tk ke 92 tk. Penggan­tian spesifikasi itu diklaim SIS agar konsumsi bahan ba­kar bisa lebih irit.

Kalau beli New Ertiga masih ragu, mungkin tawaran buat model dengan wajah lama dan tenaga lebih besar bisa jadi pilihan. Menurut tenaga penjual yang sama, stok Ertiga lawas mulai menipis tapi masih dicari orang. Khusus varian GX manual diskonnya 23 juta. (*)