Untitled-11PT XL Axiata Tbk (XL) terus mengembangkan dan menghadirkan lay­anan inovatif berbasis Internet of Things (IoT) sebagai solusi bagi kalangan bisnis ber­bagai sektor. Bertepatan dengan acara pelaksanaan HUT ke-19, XL menandatangani kerjasama dengan Perusahaan Umum Dam­ri dalam menyediakan sistem pemantauan “Passenger Infor­mation System” yang akan digu­nakan bagi layanan transportasi publik Damri. Seperti apa?

Direktur Utama XL, Dian Siswarini mengatakan, XL beru­saha untuk selalu jeli melihat persoalan yang dihadapi pelaku usaha di berbagai sektor dan me­mikirkan apa yang bisa dilaku­kan untuk mencarikan solusinya secara digital.

“Kami berharap sistem baru yang kami kembangkan bersama Damri ini akan bisa maksimal dan membantu peningkatan kin­erja Damri sebagai perusahaan transportasi legendaris di Indo­nesia,” ungkap Dian usai penan­datanganan nota kerjasama di­lakukan dengan Direktur Utama Perum Damri, Agus S. Subrata di Jakarta, Jumat (16/10).

Dian menambahkan, bahwa transportasi selalu menjadi ke­butuhan yang mendasar bagi masyarakat Indonesia. Berbagai jenis transportasi yang hadir pun semakin beragam. Begitu juga tuntutan kualitas layanan dari pengguna yang pasti sema­kin tinggi. XL melihat hal ini se­bagai potensi untuk mengem­bangkan solusi berbasis IoT yang bisa dimanfaatkan oleh para pe­nyelenggara jasa angkutan pub­lik, seperti Damri.

Baca Juga :  Merawat Tradisi Membuat Dandang Nasi

Sistem pemantauan yang di­rancang oleh XL ini bermanfaat baik bagi penumpang, pengemu­di bus, maupun pengelola mana­jemen perusahaan Damri. Bagi penumpang, keberadaan sistem yang berbentuk aplikasi ini akan memungkinkan mereka menge­tahui waktu kedatangan bis se­hingga dapat menghemat waktu tanpa perlu mengantri di termi­nal, mempermudah transaksi pembelian tiket, bahkan bisa memonitor anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan. Bagi pengelola Damri, sis­tem ini akan mempermudah memantau lokasi keberadaan armada bus, kondisi bus, dan score card awak bus yang ber­operasi. Dengan demikian, perusahaan tersebut bisa mengoptimalkan kegiatan ope­rasional, meningkatkan pe­layanan, dan sekaligus menu­runkan biaya operasional. Pada akhirnya, Perum Damri akan bisa memaksimalkan pelayanan yang prima kepada pel­anggannya.

Baca Juga :  Pecahkan Rekor MURI, Es Teh Indonesia Serentak Resmikan 50 Outlet di Indonesia

Sebagai perusahaan angku­tan pertama di Indonesia, Pe­rum Damri memiliki jaringan yang cukup luas dan tersebar di seluruh nusantara. Saat ini, jumlah armada Damri tidak kurang dari 2.500 unit bus. Pada tahap awal, aplikasi yang dinamakan Passenger In­formation System ini akan di­pasang pada 260 armada bus jalur Bandara Soekarno Hatta yang menuju ke beberapa wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.

Sistem Informasi yang dibangun XL berbasis IoT telah memberikan solusi untuk berbagai sektor. Beberapa di antaranya adalah listrik pin­tar “Simply” bekerjasama dengan PLN, “PayPoint” yang bisa digunakan untuk transaksi pembelian maupun penjualan. Bagi segmen Transportasi dan Retail Merchant, XL IoT telah meluncurkan “YuBox” , sedan­gkan untuk sektor perbankan dengan solusi “MCA 3G Ac­cess” dan “Aplikasi Sales Management” bagi perusahaan di sektor consumer good.

(Apriyadi Hidayat)