apple-ios-mobile-devices-1920Di Negeri Sakura, Ap­ple berhasil mencuri hati sejumlah perusa­haan ternama. Alhasil iOS dan iPad menjadi standar bagi kalangan arsitektur, engi­neer, konstruksi dan lain-lain. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu bahkan bersedia membuat iPad dengan aplikasi iOS yang dikustomisasi.

Salah satu yang menga­dopsi hal tersebut adalah Daiwa House Industri. Perusa­haan homebuilder terbesar di Jepang itu menggunakan iPad untuk kegiatan operasional hingga manajemen rumah kon­sumennya.

Dengan menjadi standar bagi perusahaan ternama di Jepang. Hal tersebut rupanya memberi pengaruh pada se­jumlah pengembang aplikasi. Laporan laman Architosh me­nyebutkan, pengembang CAD (Computer Assisted Design) ternama asal Jerman, Graebert, mengumumkan ketersediaan aplikasi besutannya untuk iOS.

Baca Juga :  Malang nasib Gadis Tuna Rungu Surabaya Jadi Korban Pencabulan Tetangganya Sendiri

“iPad telah menjadi tablet yang menguasai platfrom pasar AEC di Jepang. Saat mempro­mosikan aplikasi kami yang tersedia di Android, mereka se­lalu bertanya, apakah aplikasi itu berjalan di iPad. Karena itu sekarang kami menyedia­kan aplikasi untuk iOS,” ujar Yoji Ebata, Executive Graebert Jepang seperti dikutip dari laman Apple Insider, Senin (19/10/2015).

Baca Juga :  Penemuan Mayat Wanita Lansia Asal Bantul di Pelataran Ruko Palmerah

Ekspansi Apple di pasar en­terprise sendiri mulai mengge­liat sejak tahun lalu. Peru­sahaan pembuat iPhone ini bekerjasama dengan IBM. Hasil kesepakatan itu, Apple akan menjual iPhone dan iPad yang mendukung aplikasi untuk so­lusi bisnis.

IBM sendiri akan menye­diakan lebih dari 100 aplikasi bisnis untuk perangkat iOS. Bahkan perusahaan bermarkas di Armonk, New York ini turut memberikan dukungan di per­angkat Apple Watch.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]