BOGOR TODAY – Pemerintah Kota Bogor menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 di halaman Plaza Balaikota, Jl. Ir. H. Djuanda 10, Rabu (28/10/2015) kemarin. Walikota Bogor Bima Arya bertindak sebagai pembina upacara dengan komandan upacara Muhammad Sajidin.

Hadir dalam upacara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Dandim 0606/ Kota Bogor Letkol Inf. Mukha­mad Albar, Kapolresta AKBP Andi Herindra, organisasi massa, para pimpinan SKPD, ca­mat dan lurah, pelajar serta mahasiswa dan Organisasi Wanita. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 tahun ini mengangkat tema “Revolusi mental untuk kebangkitan pemuda menuju aksi Satu Untuk Bumi”.

Baca Juga :  10 Fakta Menarik Kebun Raya Bogor yang Jarang Diketahui

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi yang dibacakan Walikota Bogor Bima Arya, disam­paikan bahwa Sumpah Pemuda mengawali sebuah perubahan besar untuk negeri dima­na tekad dan keberanian pemuda telah men­ginspirasi dan menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa jauh sebelum kemerdekaan dideklarasikan.

“Untuk itu patut terus kita kenang, kita re­fleksikan, kita pelajari, kita teladani dan kita semaikan spiritnya demi kebangkitan para pemuda Indonesia. Jangan punya mental pas-pasan,” pesannya.

Melalui tema Revolusi Mental Pemuda yang diangkat dalam peringatan tahun ini, Imam dalam sambutan tertulisnya berharap akan lahir generasi muda Indonesia yang tangguh, berkarakter, mandiri dan rela ber­juang untuk kepentingan bangsa dan nega­ranya. Rela berkorban menanggalkan ego sukunya, ego agamanya, ego kedaerahannya, ego kelompoknya dan ego pribadinya demi kepentingan yang lebih besar yaitu Indone­sia, seperti yang pernah dilakukan oleh para pemuda pendahulu kita.

Baca Juga :  Satu Tahun Bertugas di Papua, 400 prajurit Elit TNI 315/Garuda Tiba di Bogor

Peringatan Sumpah Pemuda ke-87 ini dirangkai dengan pemberian penghargaan Pemuda Pelopor. Penghargaan diserahkan oleh Walikota Bogor Bima Arya kepada 13 orang pemuda berprestasi tingkat Kota Bogor tahun 2015.

(Guntur Eko Wicaksono/*)