dinkesBOGOR TODAY – Dinas Kesehat­an Kota Bogor kembali mengkam­panyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kemarin, kam­panye digelar di Kampung Buntar RW 08 Kelurahan Muara Sari Ke­camatan Bogor Selatan.

Kepala Seksi Promosi Kes­ehatan pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, Nia Nurkania, men­gatakan, tahun ini, Kampung Buntar RT03/RW08, Kelura­han Muarasari, Kecamatan Bo­gor Selatan menjadi sasaran, karena kebetulan lokasinya lo­kasi percontohan pada program P2WKSS. “Jadi, kita ingin ma­syarakat Kelurahan Muara Sari juga menjadi masyarakat yang sehat dan mandiri, mereka sadar tentang pentingnya PHBS. Mer­eka juga mengimplementasikan bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Terbengkalai Karena Pandemi, Gedung Lembaga Bahasa Asing Jadi Sasaran Pencuri

Menurut Nia, kampanye PHBS di Kampung Buntar di­awali senam bersama yang dii­kuti kurang lebih 250 warga dan anak-anak sekolah. “Kami menyediakan pemeriksaan kes­ehatan gratis, ada konseling ber­henti merokok, deteksi PTM (Pe­nyakit Tidak Menular), konseling gizi dan keluarga dari IPB, serta pemeriksaan darah untuk HIV. Juga ada penyuluhan kesehatan yang dipandu dari Kepala Pusk­esmas Lawanggintung,” beber Nia.

Baca Juga :  Pengurus PWI Sowan ke DPRD Kota Bogor

Nia berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelan­jutan dan ditindaklanjuti oleh aparatur puskesmas dan kelura­han. “Olahraganya terus dilaku­kan. Tidak merokok di dalam rumah, bahkan kalau bisa ber­henti merokok. Kemudian ber­salin diharapkan dari ketenaga kesehatan, karena memang di Kampung Buntar ini masih dite­mukan ibu-ibu hamil ini yang melahirkan tidak ditangani tenaga kesehatan,” pungkasnya.

(Guntur Eko Wicaksono)