Untitled-3BANDUNG, Today – El Capitano Persib Bandung, Atep, mengaku tidak lengkap­nya komposisi pemain selama persiapan Piala Jenderal Sudirman (PJS) sedikitnya mempengaruhi semangat berlatih pe­main yang ada.

Hingga Selasa (3/11) hanya 10 pemain yang ikut berlatih, yaitu M Natshir, Dias Angga Putra, M Agung Pribadi, Taufiq, Dedi Kusnandar, Atep, Tantan, Yandi So­fyan, Rudiyana dan Ilija Spasojevic.

Pemegang titel juara Piala Presiden mengemban tugas untuk bisa mempertah­ankan gengsinya di Piala Sudirman. Upaya tersebut memiliki banyak hambatan.

Atep mengatakan, Persib punya persiapan yang mepet menuju kick off pertengahan November ini. Selain itu, belum lengkapnya pemain menjalani latihan adalah kendala selanjutnya yang mesti dihadapi.

“Kalau mempengaruhi semangat pas­ti mempengaruhi. Apalagi kita memper­siapkan Piala Sudirman dengan waktu yang bisa dibilang kurang dari dua min­ggu, sementara ekspektasi dari masyara­kat besar karena kita tim juara. Sementa­ra untuk mempertahankan juara berat,” beber Atep.

Tim yang diarsiteki pelatih Jajang Nurjaman tidak bisa secara natural bisa bermain apik dalam pertandingan han­ya dengan mengandalkan mental juara.

Proses latihan dengan skuat utuh adalah jalan yang harus dijalani. Atep pun menuturkan timnya tak bisa men­jamin bisa pertahankan apa yang su­dah dicapai saat ini.

“Gelar juara yang kita sandang sekarang ini tanpa proses lati­han itu tidak akan menjamin dengan mengandalkan men­tal juara. Status juara tanpa sebuah proses latihan itu tidak akan menjamin kita bisa per­tahankan semua,” tuturnya.

BACA JUGA :  Kontroversial Wasit di Laga Indonesia vs Qatar, PSSI Layangkan Protes ke AFC

Pemain asal Cianjur ini pun malah pesimis bila berka­ca pada kondisi persiapan timnya yang mepet. Ken­dati demikian, ia dan rekan-rekannya akan berusaha se­maksimal mungkin dengan memanfaatkan waktu yang ada menjelang kick off.

“Dengan tidak adanya be­berapa pemain kita mempersiapkan diri di dua minggu ini, saya ada rasa sedikit pesimis, tapi saya dan teman-teman mencoba berusaha untuk memaksimal­kan masa waktu yang cukup pendek ini,” tegas Atep.

Serupa dirasakan Firman Utina. ia menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen PT Persib Bandung Bermar­tabat (PBB), untuk memutusan masa de­pannya bersama skuat Persib, guna ber­laga di Piala Jenderal Sudirman.

Firman mengatakan, apabila mana­jemen PT PBB selaku pengelola klub menghargai para pemainnya yang turut membawa Persib menjadi salah satu tim besar di Indonesia, maka seperti apapun keputusannya akan berkoordinasi den­gan para pemainnya.

“Kalau masih butuh ya kita bi­carakan lagi untuk turnamen Piala Jenderal Sudirman. Sehingga Persib tetap ter­lihat tim besar yang san­gat menghargai pemain-pemainnya,” ucap Firman lewat pesan singkat, Rabu (4/11).

F i r m a n menam­bahkan, kesedi­a a n ­nya bergabung dengan tim Persib tidak perlu diragukan lagi. “Tergantung Pers­ibnya mau kerja sama lagi apa tidak,” imbuhnya menegaskan.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thomas Cup dan Uber Cup 2024, Berikut Pembagian Grup

Firman melanjutkan, para pemain Persib berstatus bebas transfer. Karena selama penyelenggaraan turnamen lalu personil Maung Bandung hanya diikat kesepakatan mendapat honor per satu turnamen saja.

Oleh karenanya, Firman beserta empat eks personil Persib lainnya, yakni Abdul Rahman, Jajang Sukmara, Makan Konate, dan Zulham Malik Zamrun menerima tawaran dari berbagai klub untuk ikut manggung di turnamen Habibie Cup.

“Nah oleh karena itu, kita tahu kita ti­dak terikat kontrak, akhirnya kita terima sementara pinangan tim lain dikarena­kan tuntutan hidup keluarga. Dan Persib pun tidak ikut serta di turnamen Habi­bie ini,” terangnya.

Meski berganti kostum, Firman mengaku selama ini komunikasi ber­sama pelatih Djadjang Nurdjaman dan manajer tim Persib Umuh Muchtar tetap berjalan dengan baik. Dia juga sudah meminta izin kepada para petinggi tim Maung Bandung sebelum bertolak menuju Makassar.

Firman belum bisa bergabung bersama skuat Persib, meng­ingat dirinya masih terikat kontrak bersama Sidrap United, sampai berakhir penyelenggaraan Habi­bie Cup yang dijadwal­kan usai 10 November mendatang.

“Tapi kami tetap komunikasi dengan baik dengan tim pelatih dan manajer, kami izin ke mereka. Nah oleh karena itu, saya belum bisa ber­gabung dengan Pers­ib karena masih ada kontrak dua min­ggu dengan Sidrap,” p u n g k a s ny a . (Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================