Foto : Net
Foto : Net

Sejumlah peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menemukan varietas tomat baru bernama Tomat Tora IPB. Tomat unggul bersari bebas (non hibrida) ini memiliki banyak keunggulan dibanding varietas tomat lain. Apa saja?

(Yuska Apitya Aji)

TOMAT Tora dikembangkan oleh Muhammad Syukur, Sobir, Awang Maharijaya, Abdul Hakim, dan Arya Widura Ritonga yang berasal dari Departemen Agronomi dan Horti­kultura, Fakultas Pertanian IPB.

Salah satu peneliti, Muham­mad Syukur mengatakan, vari­etas Tora IPB merupakan tomat nonhibrida yang mempunyai potensi hasil seperti vari­etas hibrida. Keunggulan varietas nonhibrida adalah cara memproduksi benihn­ya tidak memerlukan bi­aya tinggi, sehingga harga benihnya relatif murah.

“Harapannya, petani bisa menggunakan varietas ini karena benihnya murah, tetapi hasilnya seperti tomat hibrida. Ini adalah solusi bagi petani di tengah krisis ekono­mi seperti sekarang,” ujar dia.

Keuntungan lain bagi petani pengguna varietas ini adalah produktivitas dan sifatnya yang mudah ditanam dimana saja. Tora IPB disebut mampu beradaptasi di dataran rendah, memiliki ukuran buah yang cukup besar, dan rataan bobot buah per hek­tarenya lebih besar dibandingkan varietas lain yaitu sebesar 24,61 ton.

Baca Juga :  BWC Berikan Trauma Healing Anak-anak Korban Bencana

Syukur menginformasikan, penanaman tomat Tora IPB dilakukan di Tajur, Kota Bogor dan Leuwi Kopo, Kabupaten Bogor. Bobot buah berbentuk agak lonjong itu disebutkan rata-rata lebih dari 60 gram, dengan warna buah muda hijau muda, warna buah intermediet oranye, serta warna buah matang ora­nye kemerahan.

“Setelah varietas dilepas dan dokumen usai dikaji oleh Tim Penilai dan Penguji Varietas Hortikultura Kementerian Pertanian RI, benih Tora IPB akan diperbanyak oleh CV Benih Dramaga dan dipasarkan oleh Botani Seed di bawah naungan PT Bogor Life Science and Technology (BLST) IPB,” kata Syukur.

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersi­cum esculentum) secara umum adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. To­mat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, da­pat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Tomat merupakan sumber vitamin A, C, K, ka­lium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Inilah yang menjadikan to­mat menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari. Ada beberapa manfaat buah tomat, di­antaranya mampu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Salah satu kelebihan tomat yaitu merupakan sumber serat yang diperlukan oleh tu­buh anda. Sehingga, bagi siapapun yang mengingin­kan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar, mu­lailah dengan mengkonsumsi buah merah tersebut.

Baca Juga :  Resep Membuat Cakwe yang Maknyus Bikin Ketagihan

Tomat juga dapat melindungi kulit wajah dan ku­lit tubuh. Ini dikarenakan, tomat merupakan sumber likopen. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. To­mat juga mampu memperkuat tulang pada tubuh. Ini dikarenakan, buah tersebut merupakan sumber vitamin K yang mampu mencegah mengeroposnya tulang atau lebih dikenal dengan istilah osteoporo­sis. Tomat juga berperan sebagai pencegah kanker, diabetes dan mampu menajamkan penghilatan mata.