Untitled-13BOGOR TODAY – Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November mendatang, Kodim 0606 Kota Bogor meng­gelar lomba lari 10 K Run For Heroes Run and Culture ber­sama masyarakat Bogor. Lom­ba tersebut diikuti sedikitnya 1.000 peserta dari para atlet berbagai daerah, dan dibuka untuk karegori umum dan pe­lajar, Minggu (08/11/15).

Komandan Kodim (Dandim) 0606 Kota Bogor, Letkol Inf. Mukhamad Albar, mengatakan, lomba lari bersama masyarakat tersebut, sengaja dilaksanakan di Museum Peta sesuai dengan momentum Hari Pahlawan dan supaya masyarakat Bogor khu­susnya muda-mudi tetap meng­ingat akan sejarah.

“Ya, untuk acara sen­gaja kami pusatkan, di Museum Peta sesuai momentum yang diusung, yakni Hari Pahlawan, selain itu supaya masyara­kat lebih mengenal dan tetap menghargai akan sejarah,” kata Albar, di Museum Peta, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor.

Baca Juga :  Hari Ini Hingga 4 Juli, Tirta Pakuan Kota Bogor Melakukan Perbaikan Filter IPA Dekeng

Albar juga menjelaskan,Untuk rute lari yang dilalui, sedikit berbelok-belok karena dari hasil per­timbangan supaya kegiatan tersebut lebih meringankan peserta dan tidak menggang­gu kenyamanan masyarakat umum. “Untuk di wilayah Bo­gor ini, medannya cukup ber­variasi dan susah nyari lokasi yang datar sehingga sengaja kami start dari depan makodim 0606 Kota Bogor, ke arah kanan pintu dua Kebun Raya Bogor (KRB), keluar di pintu 3 internusa, lalu lurus menuju Warung Jambu sehingga tidak terlalu menganggu masyara­kat,” terangnya.

Dalam memperingati Hari Pahlawan, menurut Albar, ren­cananya bukan hanya mengu­sung kegiatan lomba lari, tetapi ada jenis-jenin olahraga lain, seperti bola volly, sepak bola dan nanti akan dilihat mana saja yang lebih bermanfaat dan acara akan digelar secara ber­tahap.

Baca Juga :  10 Fakta Menarik Kebun Raya Bogor yang Jarang Diketahui

Hasil lomba lari 10 K Run For Heroes Run and Culture, finish juara kesatu untuk kat­egori umum dimenangkan oleh Abdul haris (33), yang merupakan atlet Provinsi Jawa Barat dan untuk juara pertama kategori pelajar dimenangkan oleh Rike Pebrianti kelas 1 siawi SMP Negeri 3 Salatiga Provinsi Jawa Tengah.

Pemenang juara pertama kategori umum, Abdul Haris mengatakan, dirinya memang sering mengikuti perlombaan di berbagai daerah. “Enggak terlalu mempersiapkan secara khusus untuk memenangkan lomba ini karena memang sekarang sedang pelatihan juga untuk mengikuti perlombaan di event nasional,”kata dia.

(Rizky Dewantara)