Foto : Kozer
Foto : Kozer

Memadukan citarasa Negeri Kincir Angin, Belanda dengan citarasa lokal, Klappertart Huize Hotel Salak menyajikan kudapan yang banyak diburu wisatawan sebagai buah tangan untuk orang terkasih

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Mengedepankan ku­dapan berlabel halal, Klap­pertart Huize Hotel Salak menghadirkan 15 varian menggoyang li­dah yang bisa menjadi pil­ihan para pecinta kuliner. Walhasil, penganan khas Manado ini tak pernah sepi dari serbuan pengunjung.

Aroma lembut menyeruak tatkala Klappertart beraneka warna tersaji manis di atas meja. Ber­macam topping warna – warni menggugah gairah, tak terasa air liur hampir menetes tak sabar untuk menyantap.

Suapan pertama, rasanya tak akan ter­lupa. Tekstur lembut Klappertart terasa lembut di lidah, rasa ini tetap kuat hingga mengalir di tenggorokan. Di antara pasta isian, terselip daging buah kelapa muda yang diserut utuh. Bila diperhatikan, ada lapisan serupa karamel pada toppingnya.

Chef Klappertart Huize, Wahyu me­maparkan bahwa lapisan tersebut meru­pakan perpaduan antara putih telur dan gula. Kedua bahan tersebut dikocok hing­ga berbuih kemudian dipanaskan menjadi lapisan karamel. “Ini namanya meren­gue,” katanya.

Baca Juga :  Cerita Afan Maulana Warga Bogor yang Hilang Belasan Hari, Sempat Menjadi Buruh Cuci Motor di Banten

Dijelaskannya, Klapertart dibuat dari bahan-bahan berupa susu murni, gula, fresh cream cair, tepung maizena, terigu, margarin, kuning telur, kelapa muda, vanila essence, dan kayu manis. “Pada dasarnya cara pembuatannya sederhana, namun tanpa rum, Klappertart kami jadi berbeda,” ungkapnya.

Sales and Marketing Klappertart Huize, Doni Lahay memaparkan bahwa resto yang berdiri sejak tahun 2011 ini awalnya hanya melayani pembelian take­away. Namun seiring perkembangannya yang pesat, kini telah membuka gerai yang berlokasi di Jalan Pangrango Nomor 25 Bogor.

“Base on story, kudapan ini dahulu dibawa o l e h Belanda pada zaman penjajahan ke Mana­do. Kini, klappertart dikenal luas sebagai salah satu kudapan yang banyak dicari un­tuk dijadikan oleh-oleh para wisatawan,” katanya saat berbincang dengan BOGOR TODAY, Jumat (13/11/2015).

Baca Juga :  Tirta Pakuan Temu Pelanggan di Kelurahan Sindang Rasa Bogor Timur Terkait Pelayanan Zona 1

“Kami juga ada promo spesial, yakni tujuh varian rasa yang berganti setiap bu­lan. Selain itu, kami juga ada menu ung­gulan yang dikemas menjadi triple combo (Klappertart, Macaroni Skutel dan Pastel Tutup,” lanjutnya.

Doni pun menguak rahasia dibalik lembutnya tekstur Klappertart dan aro­ma sedap yang mengaliri hidung. “Kalau aslinya, Klappertart itu menggunakan rum. Namun punya kita sudah duhilan­gkan. Jadi aromanya lebih soft dan halal pastinya,” katanya sembari tertawa re­nyah.

Klappertart lebih nikmat disajikan dingin. Sangat cocok disajikan berpadu dengan minuman rempah yang menghan­gatkan badan. “Kami ada minuman tradis­ional sirup Tjampolay with Lemon dan Bogor Fresh,” ucapnya.

Bogor Fresh merupakan minuman dingin campuran antara jus salak dengan berbagai bahan rempah – rempah herbal. “Bahan rempahnya antara lain jahe, kayu manis dan berbagai bahan herbal yang bermanfaat bagi kesehatan,” pungkasnya.