DSC_1189SEKOLAH Tinggi Pariwisata (STP) Bogor Hotel Institute (BHI) melulus­kan 229 mahasiswa mulai dari program diploma hingga sarjana dalam Wisuda 2015 yang digelar di Istana Ballroom, Hotel Salak The Heritage, Bogor belum lama ini.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Dari 229 mahasiswa, hanya 70 persen para wisudawan yang menghadiri acara kelu­lusan ini, lantaran beberapa diantaranya sudah bekerja di lapangan.

Tak heran, karena bukan rahasia lagi jika sejak masih duduk di bangku kuliah, mahasiswa dan mahasiswi disana sudah banyak jadi incaran perusahaan, hal ini disampaikan langsung oleh Di­rektur STP BHI, Agung Djati Walujo.

“Tahun ini kami meluluskan 229 wisudawan wisu­dawati. Kehadiran para wisudawan hanya 70 persen, karena 30 persennya sudah bekerja sebelum lulus, jadi tidak bisa menghadiri acara dies natalis. Tetapi jumlah lulusan tahun ini semakin bertambah jika dibandingkan dengan tahun lalu, ada sekitar,” beber Agung.

Kendati begitu, jumlah lulusan bertambah jika dibandingkan dengan tahun lalu ada sekitar 110 lulusan yang dilepas ke masyarakat.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Melihat kebutuhan sumber daya manusia yang se­makin banyak dilirik dunia industry hospitality, BHI juga rencananya akan membuka jenjang pendidikan master (S2). Meski wacana itu baru saja akan digodok, tetapi rencananya 2018 pihak kampus sudah mulai melakukan perekrutan.

“Yang pasti kami berharap semakin bertambahnya mahasiswa karena industri perhotelan berkembang pesat, hanya saja orang-orang yang berkompeten di bidangnya belum banyak. Sehingga banyak lapangan pekerjaan yang mencari mereka, itu sebabnya banyak mahasiswa di BHI yang sudah ditar­ik bekerja walaupun belum lulus. He­batnya di BHI itu lapangan pekerjaannya banyak, hanya lulusannya tidak terlalu banyak. Sedangkan universitas lain banyak peminatnya, namun lapangan pekerjaannya minim,” kata dia. Sangat wajar apabila, sambung Agung, STP BHI menambah kualitas kampusnya agar semakin banyak menampung SDA yang dibutuhkan dunia indus­tri, jika dilihat dari jumlah lulusannya dari tahun ke ta­hun mengalami penambahan artinya memang peminat kampus BHI semakin diincar banyak orang.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

“Sebetulnya perintah itu sudah tercetus sejak tahun 2004 baik dari pihak owner juga dari Dinas Pendidikan Kota Bogor. Sampai saat ini masih dalam langkah menu­ju kesana karena ada beberapa tahapan yang harus di­lakukan, kemungkinan 2-3 tahun baru terealisasikan,” ungkapnya di sela-sela acara kelulusan.

Sementara itu, Koordinator Perguruan Tinggi Swas­ta (Kopertis) Wilayah 4, Ami turut mengungkapkan rasa bangga kepada para staf pendidik dan lulusan-lulusan cetakan STP BHI ini, karena sudah mendidik tenaga ahli yang berpengalaman di dunia pariwisata.

“Dibarengi dengan taqwa, pihak institute mampu melahirkan manusia yang berkualitas dan berintelek­tual. Wisuda inilah sebagai buktinya atas keberhasilan proses belajar mengajar. Diharapkan ilmu pengetahuan ini semakin berkembang, dan para lulusan bisa menjadi ahli madya atau sarjana yang mau meningkatkan keter­lampilan,” kata dia saat memberikan sambutan acara kelulusan. (*)

============================================================
============================================================
============================================================