Untitled-4Anda mungkin pernah mendengar atau membaca berita adanya anak laki-laki dengan organ penis yang mendadak berubah seperti habis disunat. Masyarakat menyebut fenomena tersebut sebagai disunat jin

Oleh : ADILLA PRASETYO W
[email protected]

Dalam dunia kedok­teran, organ penis anak laki – laki yang mendadak berubah seperti habis disu­nat sebenarnya merupakan kondisi parafimosis. Kondisi ini terjadi ketika kulit kepala penis tertarik ke belakang, dan tidak bisa dikembalikan ke posisi semula (batang penis).

Baca Juga :  Cara Mencegah Penyakit Jantung

Masyarakat biasanya justru bersyukur jika anaknya men­galami fenomena para fimosis atau disunat jin ini, karena tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk sunatan.

Menurut dr Muhammad Zaien, justru anak yang men­galami parafimosis harus segera disunat. “Kalau tidak disunat, (kulit kepala penis) bisa menj­epit leher penis sehingga aliran darah terganggu. Kalau jepitan­nya kuat, anak bisa kesakitan,” kata dokter dari klinik Rumah Sunatan ini.

Zaein menjelaskan, parafi­mosis biasanya terjadi pada anak laki-laki yang mengalami fimosis parsial sehingga kepala penis tidak bisa kembali ke po­sisi semula. “Biasanya itu sudah bawaan sejak lahir. Karena kulit yang terbentuk kecil, maka saat ereksi atau ada tekanan, kulit akan terdorong ke belakang,” paparnya.

Baca Juga :  Hati-hati, Posisi Duduk yang Salah Menyebabkan Cedera Tulang Belakang

Oleh karena itu, anak yang mengalami parafimosis sebai­knya harus segera dibawa ke dokter. Sehingga sang anak bisa segera mendapatkan perawatan dan penanganan medis dengan tepat. (*)