20151116_114456Mungkin Anda penikmat kuliner di Bogor. Tapi pernahkan men­cicipi sup ikan teri? Jika belum, datanglah ke kedai Ci Santi di Pasar Bersih, Sentul City, Kabu­paten Bogor, dan cobalah masakan khas Sing­kawang, Kalimantan Barat ini. Rasanya lezat dan nikmat.

‘’Meski ada ikan terinya, dijamin tidak bau amis,’’ ujar Santi kepada Bogor Today, di kedainya, Pintu Selatan Pasar Bersih Sentul City, Senin (16/11/2015).

Mungkin di Bogor hanya di Pasar Bersih Sentul City ada menu sup ikan teri. Santi belum lama memulai usaha kuliner di Bogor. Awal­nya dia sering diminta sauda­ra-saudaranya memasak ma­sakan khas Ka­limantan Barat di Jakarta. ‘’Jadi, selama ini saya mondal-mandir Jakarta-Ponti­anak,’’ ceritanya.

Baca Juga :  Merawat Tradisi Membuat Dandang Nasi

Karena Santi hobi memasak sejak masih duduk di bangku SD, hasil masakannya sudah teruji. Ter­bukti banyak orang yang menyukai aneka masakan yang dibuat Santi, mulai dari mie ikan, kuetiaw, dan yang kini dia kembangkan sup ikan teri.

Bahan yang digunakan untuk membuat sup teri ini, memang agak beda sedikit den­gan sup pada umumnya. Yakni teri kering tawar, kuetiaw, bihun, sayuran, daging dan disiram dengan air kaldu daging sep­erti lazimnya membuat sup iga. ‘’Terinya yang agak khusus, karena harus dibeli dari Singkawang. Kalau teri kering di sini kan asin banget rasanya,’’ ujar Santi.

Baca Juga :  Merawat Tradisi Membuat Dandang Nasi

Wanita 42 tahun ini, baru dua bulan berjualan di Pasar Bersih Sentul City. Menurut dia, usaha kuliner di Pasar Bersir Sentul City sangat menguntung­kan. Meski masih baru, omsetnya sudah lumayan. ‘’Kalau akhir pekan Sabtu dan Minggu ramai sekali, banayak orang dari Jakarta makan di sini,’’ tuturnya, ‘’Setiap weekend paling sedikit bisa habis 50 mang­kuk, kadang-kadang lebih,’’ ujarnya.

Harga permangkuknya juga tidak teralu ma­hal, Rp 15.000. Sup ikan teri bisa disantap dengan nasi atau hanya dengan kuetiaw dan bihun saja. Penasaran? Silakan datang ke Pasar Bersih Sentul City.

(Alfian Mujani)