Untitled-2Kia bersiap masuk ke pasar mobil hibrida dengan model baru crossover Niro. Dalam keterangan resminya, Senin (16/11/2015), merek asal Korea Selatan (Korsel) itu mengatakan Niro adalah model global yang akan diperkenalkan tahun depan.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Konsep Niro sebenarnya sudah mendebut pada 2013, namun kini keputusan produksi sudah dapat lampu hijau. Kia juga merilis foto peng­goda berikut sekilas spesifikasi teknis tentang crossover hibrida ini.

Niro dibekali mesin 1.6L tipe Kappa milik Hyundai plus motor listrik 32 kW dengan baterai 1,56 kWh. Tidak ada ket­erangan besar tenaga kombinasi, namun dikatakan mesin konvensional bertenaga 103 tk dan torsi 147 Nm. Tenaga itu disalurkan transmisi kopling ganda 6-percepatan.

Pengembangan Niro dilakukan terisolasi dari model Kia lainnya. Kia menjelaskan Niro dirancang menggu­nakan platform baru yang didedikasikan khusus untuk model hibrida. Di masa depan Kia juga menyiapkan versi hibrida plug-in.

Di pasar global, Niro bakal menantang dominasi Toy­ota Prius. Meski beda segmen, Niro dan Prius berebut pasar mobil alternatif yang ramah lingkungan. Setelah diperkenalkan, Niro akan dijual di Korsel lebih dulu, lan­tas produksi massal untuk pasar luar negeri bakal dimulai akhir 2016. Niro diproduksi di pabrik Hwasung, Korsel. (*)