jerrry-thungSEOLAH-olah yang tergambar di bidang kanvas itu adalah foto yang di­hasilkan ponsel berlayar sentuh. Di dalamnya ada beragam manusia dengan gaya komikal, beraktivitas. Sementara itu, di bagian bawah kanvas, Jerry Thung sengaja memodifikasi gambar teori evolusi Darwin untuk memperlihatkan bagaimana perilaku manusia masa kini yang begitu terikat pada gadget.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Lewat salah sa­tu karyanya yang pernah dilahirkan berjudul “Evolution”, Jerry paling tidak ingin mempertontonkan jika teknologi perlahan telah men­gubah perilaku manusia. Teknologi yang pada dasarnya diper­untukkan buat memudahkan, kadang kala dapat saja membuat manusia malah asyik pada “kesendirian”.

“Pilihannya, memainkan teknologi atau justru malah dimainkan. Teknologi dapat ber­bahaya jika akhirnya tidak ada lagi interaksi sosial secara langsung,” kata Jerry.

Baca Juga :  Aktris Senior Rima Melati Tutup Usia, Berikut Perjalanan Karirnya

Dia mempertontonkan figur manusia yang memperagakan jemarinya sedemikian rupa layaknya berkomunikasi memakai pon­sel. Di sana ada beberapa simbol yang biasa ditemukan di ponsel, seperti jejaring sos­ial atau sinyal, seakan semuanya tertanam dalam tangan manusia tersebut.

Bicara teknologi, paling tidak Jerry ingin memperlihatkan perubahan perilaku ter­kait ponsel yang kini tak lagi terbatas untuk menelepon dan mengirimkan pesan. Ke­beradaan kamera dan maraknya jejaring so­sial saat ini disadari atau tidak memunculkan narsisme.

“Semua yang memiliki ponsel dapat den­gan mudah mengabadikan dirinya sendiri, yang dikenal dengan istilah selfie, lantas me­mamerkan dengan di laman jejaring sosial” tandasnya.

Pria yang lahir tahun 1962 tersebut tam­pak yakin kalau narsisme lewat perilaku foto selfie ini dapat memengaruhi siapa saja, ter­masuk tokoh-tokoh dunia. Kemungkinan itu menyebabkannya membuat karya yang menggelitik. Di atas kanvas, Jerry menggam­barkan Paus dan Dalai Lama melakukan foto selfie dalam dua judul lukisan yang berbeda.

Baca Juga :  2.407 Warga Terdampak Banjir Bandang di Leuwiliang Bogor

Tak cuma itu, ia juga pernah berandai dengan menggambar figur pelukis ternama, Van Gogh dan Raden Saleh, yang sedang melakukan foto selfie.

Begitu juga figur perempuan, persis sep­erti sosok dalam lukisan “ Mona Lisa” karya Leonardo da Vinci, yang dibuat sedang ber­foto di depan Monas. Bentuk-bentuk figural itu dipertontonkannya dalam pameran yang bertema “Still Got The Blues” di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, pada 17-28 Mei 2014.