Untitled-4Mengandalkan tiga varian produknya, Yamaha masih bercokol di posisi teratas sebagai pengekspor sepeda motor terbanyak di Tanah Air.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) be­lum berhenti menjadi basis produksi sekaligus pemasok beberapa produk model global ke seluruh dunia. Sepanjang tahun ini, ( Januari-Oktober) sudah 118.964 unit se­peda motor yang dikirim ke luar negeri dari pabrik di Pulogadung, Jakarta Timur.

Diolah dari data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Oktober menjadi bulan yang cukup banyak me­nyumbang jumlah sepeda motor yang diekspor, yakni 15.164 unit. Model paling berkontribusi adalah All-New Soul GT 5.000 unit, lalu NMAX 4.824 unit, dan MT-25 ada 1.880 unit.

Namun, jika diakumulasi sepanjang periode 10 bulan pertama 2015, YZF-R25 dan NMAX mendominasi, dengan masing-masing 35.200 unit untuk YZF-R25 atau 30 persen dari total ekspor, dan 23.404 NMAX dengan kontribusi 20 pers­en. Sementara itu, All-New Soul GT matik secara total telah dikirim 21.500 unit ke sejumlah negara.

Besaran ekspor YZF-R25, NMAX, dan All-New Soul GT mendukung total ekspor yang terkatrol 848 persen dibandingkan periode Januari-Oktober 2014. Selain tiga model tersebut, YIMM juga mengekspor model-model lain, termasuk New V-Ixion Advance, YZF-R15, MT-25, Jupiter MX, dan MX King.

”Gairah permintaan sepeda motor produksi Yamaha Indonesia khususnya yang tahun ini baru diluncurkan merupa­kan hasil menggembirakan untuk kami. Semua bergairah, terlebih lagi yang pal­ing mencolok adalah NMAX. Tak hanya di Indonesia, tapi juga negara-negara lain­nya,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM. (*)

============================================================
============================================================
============================================================